Search for collections on Undip Repository

ANALISIS YURIDIS PERLINDUNGAN JUSTICE COLLABORATOR DALAM UPAYA PEMBERANTASAN TINDAK PIDANA KORUPSI DI INDONESIA_001 Acara 2023

ARNISA, RATIH and Cahyaningtyas, Irma and Putrijanti, Aju (2023) ANALISIS YURIDIS PERLINDUNGAN JUSTICE COLLABORATOR DALAM UPAYA PEMBERANTASAN TINDAK PIDANA KORUPSI DI INDONESIA_001 Acara 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tindak pidana korupsi merupakan salah satu kejahatan terorganisir yang tergolong sulit pembuktiannya. Dalam mengungkap tindak pidana korupsi tersebut muncul konsep baru berupa saksi pelaku yang bekerjasama dengan penegak hukum (Justice Collaborator) yang berperan membantu aparat penegak hukum dan menjadi kunci mengungkap suatu tindak pidana terorganisir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaturan, peran serta perlindungan mengenai Justice Collaborator dalam upaya pemberantasan tindak pidana korupsi di Indonesia.
Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif yaitu dengan meneliti data sekunder berupa peraturan perundang-undangan dan literatur lain yang berkaitan dengan Justice Collaborator. Berdasarkan hasil penelitian, pengaturan mengenai Justice Collaborator di Indonesia terdapat beberapa rujukan seperti Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2006 tentang Perlindungan Saksi dan Korban, SEMA Nomor 04 Tahun 2011 tentang Perlakuan Bagi Pelapor Tindak Pidana (Whistleblower) dan Saksi Pelaku Yang Bekerjasama (Justice Collaborator) di dalam Perkara Tindak Pidana Tertentu, dan Peraturan Bersama Nomor: m,hh-11.hm.03.02.th.2011, Nomor: per-045/a/ja/12/2011, Nomor kepb-02/01-55/12/2011, Nomor 4 Tahun 2011 tentang Perlindungan bagi Pelapor, Saksi Pelapor, dan Saksi Pelaku Yang Bekerjasama. Peran Justice Collaborator dalam upaya pemberantasan tindak pidana korupsi berupa mengungkap suatu tindak pidana atau akan terjadinya suatu tindak pidana dengan cara memberikan informasi kepada aparat penegak hukum dan memberikan kesaksian pada sidang pengadilan. kemudian bentuk perlindungan terhadap Justice Collaborator berupa perlindungan fisik, perlindungan hukum, penanganan secara khusus, dan pemberian penghargaan (reward).
Kata Kunci: Justice Collaborator, Perlindungan, Tindak Pidana Korupsi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 01 Nov 2023 07:36
Last Modified: 01 Nov 2023 07:36
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15011

Actions (login required)

View Item View Item