Search for collections on Undip Repository

ANALISIS POTENSI BAHAYA MENGGUNAKAN METODE HIRADC (HAZARD IDENTIFICATION, RISK ASSESSMENT & DETERMINING CONTROL) PADA BENGKEL ALAT BERAT DI PT. X KOTA BOGOR

HAHOLONGAN, BONARDO ARNANDA NUGROHO (2023) ANALISIS POTENSI BAHAYA MENGGUNAKAN METODE HIRADC (HAZARD IDENTIFICATION, RISK ASSESSMENT & DETERMINING CONTROL) PADA BENGKEL ALAT BERAT DI PT. X KOTA BOGOR. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO BONARDO.pdf - Published Version

Download (432kB)

Abstract

Hazard identification, Risk Assessment & Determinig Control (HIRADC) metode yang sering digunakan dalam penerapan pengendalian bahaya. Pada industri informal aspek keselamatan dan Kesehatan kerja sering tidak diperhatikan karena kebanyakan dari para pekerja memiliki pengetahuan dan kesadaran yang minim akan budaya K3. Hal ini tentunya akan meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan dan penyakit akibat kerja. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui analisis potensi bahaya menggunakan metode HIRADC di industri sektor informal, bengkel alat berat di PT. X Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan observasional yang menggunakan survey deskriptif dengan melakukan wawancara terhadap 8 pekerja sebagai informan utama dan 1 pemilik Perusahaan sebagai informan triangulasi. Didapatkan hasil bahwa terdapat potensi bahaya di industri bengkel alat berat terdapat 5 jenis bahaya antara lain: Bahaya fisika (kebisingan, pencahayaan, fisik, kebakaran, dan tersengat listrik) bahaya kimia (paparan debu, paparan gas, dan paparan zat bahan kimia), bahaya biologi (virus Covid-19), bahaya ergonomi (posisi kerja dan proses angkat-angkut), dan bahaya psikososial (kelelahan kerja). Potensi bahaya yang terdapat pada bengkel alat berat perlu diminimalisir dengan menggunakan Upaya pengendalian pada metode HIRADC yang berdasarkan hierarki pengendalian bahaya.
Kata Kunci : Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Industri Informal, HIRADC, dan Alat Berat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 27 Jul 2023 08:05
Last Modified: 27 Jul 2023 08:05
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15008

Actions (login required)

View Item View Item