Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN ANTARA USIA, MASA KERJA, DAN JENIS PEKERJAAN DENGAN KEJADIAN MINOR INJURY PADA PETUGAS PPSU KELURAHAN KRAMAT PELA

RACHMANILLAH, AULIYA MUQITA (2023) HUBUNGAN ANTARA USIA, MASA KERJA, DAN JENIS PEKERJAAN DENGAN KEJADIAN MINOR INJURY PADA PETUGAS PPSU KELURAHAN KRAMAT PELA. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO AULIYA MUQITA.pdf - Published Version

Download (492kB)

Abstract

Minor injury atau yang disebut juga cedera ringan merupakan jenis cedera yang terjadi ketika seseorang mengalami kecelakaan saat bekerja, namun tidak mengakibatkan absen kerja selama lebih dari 2x24 jam. Meskipun ringan, minor injury dapat menyebabkan kejadian yang lebih serius seperti cedera berat atau bahkan kematian apabila dibiarkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara usia, masa kerja, dan jenis pekerjaan dengan kejadian minor injury pada petugas PPSU Kelurahan Kramat Pela, Jakarta Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain studi cross sectional. Subjek penelitian merupakan petugas PPSU Kelurahan Kramat Pela dengan total 50 petugas yang diambil menggunakan metode proportionate stratified random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara usia (p = 0,003) dan masa kerja (p = 0,001) dengan kejadian minor injury. Tidak ada hubungan antara jenis pekerjaan (p = 0,361) dengan kejadian minor injury. Sebanyak 66,0% petugas pernah mengalami minor injury dalam satu bulan terakhir. Untuk meminimalisir terjadinya minor injury, pihak kelurahan diharapkan meningkatkan kualitas petugas dengan melakukan pelatihan terhadap pekerja.

Kata kunci : Minor Injury, Usia, Masa Kerja, Jenis Pekerjaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 27 Jul 2023 06:22
Last Modified: 27 Jul 2023 06:22
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15002

Actions (login required)

View Item View Item