Search for collections on Undip Repository

IDE FAMILY GROUP CONFERENCEUNTUK MEWUJUDKAN RESTORATIVE JUSTICE DALAM SISTEM PERADILAN PIDANA ANAK INDONESIA_007 Acara 2023

Putri, Evelyn Qiana and Cahyaningtyas, Irma and Putrijanti, Aju (2023) IDE FAMILY GROUP CONFERENCEUNTUK MEWUJUDKAN RESTORATIVE JUSTICE DALAM SISTEM PERADILAN PIDANA ANAK INDONESIA_007 Acara 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anak adalah penerus bangsa yang memerlukan perlindungan, salah satunya adalah perlindungan dari negara. Salah satu perlindungan yang dibutuhkan bagi anak adalah perlindungan dalam upaya pencegahan dan penanggulangan yang tepat bagi anak yang berhadapan dengan hukum dalam sistem peradilan pidana anak. Dalam upaya penanggulangan dan pencegahan tersebut terdapat banyak variasi yang dapat digunakan suatu negara dalam hal peradilan pidana anak agar tercapainya restorative justice. Di Indonesia, sistem yang digunakan dalam peradilan pidana anak adalah dengan diversi agar tercapainya restorative justice. Berbeda dengan negara lain, salah satunya New Zealand yang menggunakan Family Group Conference sebagai variasi penyelesaian dalam restorative justice pada sistem peradilan pidana anak. Dengan adanya perbedaan kedua variasi tersebut, perlu dilakukan kajian untuk objek penelitian mengenai dapat diterapkannya Family Group Conference sebagai variasi dalam Sistem Peradilan Pidana Anak Indonesia sehingga dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut, Apakah Family Group Conferencedapat diterapkan sebagai salah satu variasi dari restorative justice;Bagaimana ide Family Group Conference sebagai pembaharuan untuk mewujudkan restorative justicedalam sistem peradilan pidana anak di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis normatif yang dilakukan melalui studi literatur. Penulis menguraikan dan mendeskripsikan sebuah masalah berkaitan dengan Family Group Conference sebagai salah satu variasi dari restorative justice dalam Sistem Peradilan Pidana Anak di Indonesia. Teknik pengumpulan data menggunakan studi literatur dengan data sekunder melalui dokumen-dokumen tertulis maupun elektronik yang relevan dengan permasalahan yang diteliti, tujuan dan manfaat penelitian. Berdasarkan dari hasil penelitian diperoleh bahwa Family Group Conference dapat diterapkan sebagai salah satu variasi dari restorative justice dalam Sistem Peradilan Pidana Anak Indonesia yang bertujuan untuk menghindari masuknya Anak Yang Berhadapan Dengan Hukum dalam proses litigasi, Ide Family Group Conference sebagai pembaharuan untuk mewujudkan restorative justice dalam Sistem Peradilan Pidana Anak Indonesia dilakukan dengan adanya pembaharuan hukum khususnya terkait Sistem Peradilan Pidana Anak yang bertujuan untuk mengakomodir Family Group Conference sebagai variasi dari restorative justice.

Kata kunci: family group conference, anak yang berhadapan dengan hukum,restorative justice.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 01 Nov 2023 03:33
Last Modified: 01 Nov 2023 03:33
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14998

Actions (login required)

View Item View Item