Search for collections on Undip Repository

Hubungan Pemberian ASI Eksklusif dengan Status Pertumbuhan Anak Usia 0-6 Bulan

Kumalasari, Lintang and Anantyo, Dimas Tri and Nuryanto, Nuryanto (2023) Hubungan Pemberian ASI Eksklusif dengan Status Pertumbuhan Anak Usia 0-6 Bulan. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
Image (LINTANG KUMALASARI-22010119130137-KTI-ABSTRAK)
LINTANG KUMALASARI-22010119130137-KTI-ABSTRAK.jpg

Download (283kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Mengetahui status pertumbuhan anak dapat membantu mengidentifikasi gangguan pertumbuhan pada anak. Salah satu cara untuk mengetahui status pertumbuhan anak adalah dengan membandingkan pertambahan berat badan anak dengan pertambahan berat badan minimal selama periode waktu tertentu. Faktor internal dan eksternal dapat mempengaruhi status pertumbuhan anak.
Tujuan: Mengetahui hubungan pemberian ASI eksklusif, frekuensi pemberian ASI, durasi pemberian ASI, berat badan lahir, riwayat sakit, tingkat pendidikan ibu, status pekerjaan ibu, dan tingkat pendapatan orang tua dengan status pertumbuhan anak.
Metode: Penelitian ini adalah penelitian observasional analitik menggunakan metode cross sectional. Sampel pada penelitian ini adalah 227 subjek yang berasal dari 14 puskesmas di Kota Semarang dan diambil dengan metode consecutive sampling. Sampel dianalisis dengan menggunakan uji chi square dan regresi logistik.
Hasil: Hasil analisis statistik menunjukkan pemberian ASI eksklusif, frekuensi pemberian ASI, durasi pemberian ASI, status pekerjaan ibu dengan status pertumbuhan anak memiliki hubungan yang bermakna (p<0,05). Sedangkan berat badan lahir, riwayat sakit, tingkat pendidikan ibu, tingkat pendapatan orang tua tidak memiliki hubungan yang bermakna dengan status pertumbuhan anak (p>0,05). Analisis multivariat menunjukkan hanya frekuensi pemberian ASI yang memiliki hubungan signifikan dengan status pertumbuhan anak (p< 0,05).
Kesimpulan: Terdapat hubungan antara pemberian ASI eksklusif, frekuensi pemberian ASI, durasi pemberian ASI, status pekerjaan ibu dengan status pertumbuhan anak. Tidak terdapat hubungan anatara berat badan lahir, riwayat sakit, tingkat pendidikan ibu, tingkat pendapatan orang tua dengan status pertumbuhan anak. Frekuensi pemberian ASI adalah faktor protektif terhadap status pertumbuhan anak.
Kata Kunci: Status Pertumbuhan, Weight Increment, ASI Eksklusif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Status Pertumbuhan, Weight Increment, ASI Eksklusif
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 28 Jul 2023 02:54
Last Modified: 28 Jul 2023 02:54
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14997

Actions (login required)

View Item View Item