Search for collections on Undip Repository

FAKTOR - FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMANFAATAN PELAYANAN IMUNISASI DASAR LENGKAP (IDL) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS JAKASETIA KOTA BEKASI

SALMAN, INNEKE MONICA (2023) FAKTOR - FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMANFAATAN PELAYANAN IMUNISASI DASAR LENGKAP (IDL) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS JAKASETIA KOTA BEKASI. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO INNEKE.pdf - Published Version

Download (429kB)

Abstract

Pemerintah Indonesia mewajibkan bayi berusia 0-11 bulan untuk mendapatkan pelayanan Imunisasi Dasar secara lengkap berdasarkan urutannya guna mencegah peningkatan angka kasus PD3I. Kota Bekasi memasuki peringkat ke – 6 terendah cakupan IDL pada tahun 2020. Menilik dari angka cakupan tesebut, dapat dinilai bahwa pemanfaatan pelayanan IDL di Kota Bekasi masih tergolong rendah. Dari total 56 Puskesmas di Kota Bekasi, Puskemas Jakasetia merupakan Puskesmas dengan Cakupan IDL ke 6 terendah pada tahun 2021 serta mengalami penurunan cakupan IDL secara konstan pada 3 tahun terakhir. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis faktor – faktor yang berhubungan dengan Pemanfatan Pelayanan Imunisasi Dasar Lengkap di Wilayah Kerja Puskesmas Jakasetia Kota Bekasi. Jenis penelitian merupakan studi kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Metode yang digunakan berupa wawancara dengan instrumen kuisioner yang dilakukan pada 100 ibu yang memiliki bayi berusia 0-12 bulan dengan menggunakan teknik accidental sampling. Pengolahan data dilakukan secara univariat dan bivariat dengan menggunakan chi square. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan antara pengetahuan, sikap, isu tentang vaksin, peran tenaga kesehatan, dukungan keluarga, dan persepsi kebutuhan terhadap pemanfaatan pelayanan IDL di Wilayah Kerja Puskesmas Jakasetia.
Kata kunci: Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan, Imunisasi Dasar Lengkap, PD3I

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 27 Jul 2023 01:20
Last Modified: 27 Jul 2023 01:20
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14990

Actions (login required)

View Item View Item