Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN INDEKS PENCEMARAN (IP) AIR TANAH DENGAN KEJADIAN DIARE PADA BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TUBAN KABUPATEN TUBAN JAWA TIMUR

NURHALIZA, MARSHANDA SEPHIANA (2023) HUBUNGAN INDEKS PENCEMARAN (IP) AIR TANAH DENGAN KEJADIAN DIARE PADA BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TUBAN KABUPATEN TUBAN JAWA TIMUR. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO MARSHANDA.pdf - Published Version

Download (435kB)

Abstract

Diare berpotensi menjadi KLB dan berisiko menyebabkan kematian terutama pada balita. Kasus diare balita di Kabupaten Tuban pada tahun 2020 mencapai 6,819 dari 211,139 kasus di Jawa Timur (3,2%) dan paling banyak ditemukan pada 2022 di wilayah kerja Puskesmas Tuban (10,6%). Kepadatan penduduk berdampak pada keterbatasan lahan untuk tangki septik sehingga memicu kontaminasi air tanah. Penelitian bertujuan mengetahui hubungan Indeks Pencemaran (IP) air tanah dengan kejadian diare pada balita di wilayah kerja Puskesmas Tuban. Penelitian dilakukan secara analitik observasional dengan desain cross sectional. Kualitas air diukur berdasar TDS, salinitas, pH, dan E. coli. Sampel berjumlah 20 responden dipilih berdasar teknik purposive sampling. Analisis menggunakan analisis univariat dan analisis bivariat dengan uji Fisher’s Exact. Sampel air tanah yang tidak memenuhi syarat TDS 100%, pH 0%, salinitas 35%, dan E. coli 90%. Rata-rata IP senilai 7,6 sehingga status mutu air tanah termasuk cemar sedang. Hal ini dapat terjadi akibat kontaminasi dari tangki septik tanpa perawatan yang tepat, maupun dipengaruhi porositas, permeabilitas, dan karakteristik pori tanah. Hasil analisis bivariat kualitas sarana pembuangan tinja dan SPAL dengan diare menghasilkan p= 0,044. IP air tanah dengan kejadian diare pada balita menghasilkan p= 0,031; PR= 4,0; 95% CI= 0,68-23,5. Nilai p< 0,05 menunjukkan ada hubungan antara kualitas sarana pembuangan tinja dan SPAL serta IP air tanah dengan diare balita. Nilai IP air tanah yang buruk berisiko 4 kali lebih besar menyebabkan diare pada balita. Kesimpulan penelitian adalah terdapat hubungan antara Indeks Pencemaran air tanah dengan kejadian diare pada balita di wilayah kerja Puskesmas Tuban.

Kata Kunci : Indeks Pencemaran (IP) Air Tanah, Diare Balita, Puskesmas Tuban

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 26 Jul 2023 08:17
Last Modified: 26 Jul 2023 08:17
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14987

Actions (login required)

View Item View Item