Search for collections on Undip Repository

Hubungan Self-compassion dengan Burnout pada Perawat Instalasi Rawat Inap, Intensive Care, dan IGD RSUD KRT. Setjonegoro Kabupaten Wonosobo

Shahida, Khusnia Fera and Rusmawati, Diana (2023) Hubungan Self-compassion dengan Burnout pada Perawat Instalasi Rawat Inap, Intensive Care, dan IGD RSUD KRT. Setjonegoro Kabupaten Wonosobo. Undergraduate thesis, Undip.

[img] Text
Abstrak_Khusnia Fera Shahida.pdf

Download (118kB)

Abstract

Tenaga kesehatan diketahui memiliki karakteristik pekerjaan yang penuh tuntutan. Diantara tenaga kesehatan lainnya, perawat memiliki intensitas interaksi yang paling tinggi dengan pasien. Karakteristik profesi perawat dapat menjadi sumber stres dan bila gagal dikelola dengan baik dapat berujung pada burnout. Self-compassion membantu perawat untuk mengatasi situasi yang sulit dan menekan dengan cara yang sehat. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan self-compassion dengan burnout pada perawat instalasi rawat inap, intensive care, dan IGD di RSUD KRT Setjonegoro. Populasi penelitian melibatkan sejumlah 164 perawat dan sampel penelitian sejumlah 97 perawat. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan accidental sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan modifikasi Skala Welas Diri (22 aitem valid, α = 0,89) serta modifikasi Skala Maslach Trisni Burnout Inventory (22 aitem valid, α = 0,94). Berdasarkan uji korelasi Kendall Tau diperoleh rxy = –0,33 dengan p = 0,000 (p < 0,05). Temuan tersebut mengindikasikan bahwa hipotesis penelitian diterima, yaitu terdapat hubungan negatif antara self-compassion dengan burnout pada perawat instalasi rawat inap, intensive care, dan IGD. Artinya semakin tinggi tingkat self-compassion, semakin rendah tingkat burnout pada perawat dan sebaliknya.

Kata kunci: burnout; self-compassion; perawat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 03:08
Last Modified: 05 Feb 2024 03:08
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14959

Actions (login required)

View Item View Item