Search for collections on Undip Repository

PENGEMBANGAN KUESIONER PENILAIAN PENGETAHUAN, MOTIVASI, DAN PRAKTIK DOKUMENTASI HASIL LAYANAN POSBINDU UNTUK DETEKSI PENYAKIT TIDAK MENULAR (PTM) OLEH KADER

CHUMAIR, NISRINA OCKTALIFA (2023) PENGEMBANGAN KUESIONER PENILAIAN PENGETAHUAN, MOTIVASI, DAN PRAKTIK DOKUMENTASI HASIL LAYANAN POSBINDU UNTUK DETEKSI PENYAKIT TIDAK MENULAR (PTM) OLEH KADER. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO NISRINA OCKTALIFA.pdf - Published Version

Download (309kB)

Abstract

Dokumentasi hasil layanan Posbindu PTM merupakan kegiatan pencatatan seluruh kegiatan di Posbindu PTM yang bermanfaat dalam pemantauan faktor risiko PTM di masyarakat. Dokumentasi hasil layanan Posbindu PTM menjadi sangat penting karena hasil dari pendokumentasian dapat dijadikan bahan pembuatan kebijakan maupun program pengendalian PTM. Tujuan penelitian ini adalah melakukan pengembangan kuesioner penilaian pengetahuan, motivasi, dan praktik dokumentasi hasil layanan Posbindu PTM yang ditujukan untuk kader Posbindu PTM. Item pertanyaan pada kuesioner merupakan hasil dari analisis literatur review dan berpedoman pada buku “Petunjuk Pelaksanaan Posbindu PTM bagi Kader”. Kuesioner yang sudah tersusun dikonsultasikan kepada tim ahli yaitu dua orang akademisi dan satu orang pemegang program Posbindu PTM di Puskesmas Padangsari. Kuesioner diujicobakan kepada 30 kader Posbindu PTM aktif di wilayah kerja Puskesmas Padangsari, Banyumanik, Semarang. Data hasil uji coba selanjutnya diuji validitas dan reliabilitasnya. Penelitian ini menggunakan uji validitas konstruk dengan korelasi Pearson Product Moment. Sedangkan uji reliabilitas dilakukan one shot atau satu kali pengambilan data dengan menggunakan Cronbach Alpha. Item pertanyaan yang tidak valid dan reliabel selanjutnya dihapus supaya hasil data dari kuesioner berkualitas. Kuesioner yang valid dan reliabel selanjutnya ditentukan penilaiannya. Penilaian pengetahuan dikategorikan menjadi “baik”, “cukup” dan “kurang”. Penilaian motivasi dikategorikan menjadi “kuat”, “sedang”, dan “kurang”. Sedangkan penilaian praktik dikategorikan menjadi “baik”, “sedang”, dan “kurang”. Kuesioner penilaian dilengkapi dengan panduan pengisian kuesioner untuk memudahkan pengguna kuesioner dalam menggunakan kuesioner.

Kata kunci : dokumentasi hasil layanan posbindu, validitas, reliabilitas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 25 Jul 2023 02:23
Last Modified: 25 Jul 2023 02:23
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14945

Actions (login required)

View Item View Item