Search for collections on Undip Repository

RANCANGAN SISTEM KENDALI DELAY WAKTU TUTUP BUKA PINTU PERLINTASAN KERETA API OTOMATIS BERDASARKAN PERHITUNGAN JARAK PANDANG DAN KECEPATAN KERETA DENGAN METODE TRACK CIRCUIT BERBASIS OUTSEAL PLC MEGA V.3 DENGAN CPU ATMEGA 128A

Wibowo, Muhammad Yudha Cahyo (2023) RANCANGAN SISTEM KENDALI DELAY WAKTU TUTUP BUKA PINTU PERLINTASAN KERETA API OTOMATIS BERDASARKAN PERHITUNGAN JARAK PANDANG DAN KECEPATAN KERETA DENGAN METODE TRACK CIRCUIT BERBASIS OUTSEAL PLC MEGA V.3 DENGAN CPU ATMEGA 128A. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
TRO_S_Muhammad Yudha Cahyo Wibowo cover.pdf - Published Version

Download (262kB)
[img] Text
TRO_S_Muhammad Yudha Cahyo Wibowo bab 1.pdf - Published Version

Download (79kB)
[img] Text
TRO_S_Muhammad Yudha Cahyo Wibowo dapus.pdf - Published Version

Download (69kB)

Abstract

Pengoperasian pintu perlintasan kereta api masih dilakukan secara manual oleh
petugas Penjaga Jalan Lintasan (PJL). Pada saat pintu perlintasan ditutup terlalu
lama karena kereta yang melintas memiliki kecepatan yang rendah, hal ini akan
menimbulkan kemacetan pada jalan raya. Sering ditemui masyarakat yang nekat
menerobos pintu perlintasan kereta api karena merasa terlalu lama menunggu dan
mengira kereta masih berada jauh dari pintu perlintasan. Menurut Joni Martius
selaku VP Public Relation Kereta Api, selama bulan Januari sampai dengan
Agustus 2022 terdapat 188 kecelakaan yang terjadi pada pintu perlintasan kereta
api. Pada sistem pintu perlintasan kereta api otomatis digunakan sebuah mikroprosesor outseal PLC Mega V.3 yang berbasis ATmega 128a. Mikroprosesor ini
cukup praktis karena dapat dikontrol menggunakan program ladder PLC. Sebagai
pendeteksi kereta api yang melintas digunakan metode track circuit, yaitu merupakan sistem pendeteksian menggunakan suatu rangkaian listrik yang membuktikan
ada atau tidaknya kereta pada jalur lintasan. Pada percobaan buka pintu perlintasan
didapat nilai counter lock yang ideal untuk jarak poros roda kereta 38cm adalah
sebesar 4x10ms hingga kurang dari 150x10ms. Sistem pintu perlintasan kereta api
otomatis yang dibuat dapat berjalan sesuai dengan alur kerja yang telah dirancang
seperti menghitung jumlah roda kereta, menghitung waktu tempuh kereta, dan juga
menghitung delay tutup pintu perlintasan kereta. Hasil perhitungan kecepatan
kereta mempengaruhi waktu delay tutup pintu perlintasan. Modul MAX7219 dapat
menampilkan delay waktu tutup pintu perlintasan dan setelah delay waktu terpenuhi
pintu perlintasan bergerak menutup. Pintu perlintasan akan kembali terbuka apabila
perhitungan roda pada track circuit 2 sama hasilnya dengan perhitungan pada track
circuit 1.
Kata kunci: Kereta Api, Outseal PLC Mega V.3, Track circuit

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kereta Api, Outseal PLC Mega V.3, Track circuit
Subjects: Engineering
Divisions: School of Vocation > Diploma in Instrumentasi and Electronics
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 11 Aug 2023 05:08
Last Modified: 22 Nov 2023 05:02
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14911

Actions (login required)

View Item View Item