Search for collections on Undip Repository

PENERAPAN HAK TAHANAN PEREMPUAN HAMIL DALAM PROSES PENYIDIKAN PERKARA PIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN PEREMPUAN KELAS II A SEMARANG_019 Acara 2023

KHOLDAA, MADYA CINTA and Cahyaningtyas, Irma and Aidi, Zil (2023) PENERAPAN HAK TAHANAN PEREMPUAN HAMIL DALAM PROSES PENYIDIKAN PERKARA PIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN PEREMPUAN KELAS II A SEMARANG_019 Acara 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Setiap manusia yang memiliki hak asasi termasuk para tahanan dan narapidana yang juga harus diperlakukan secara manusiawi dan dipenuhi setiap haknya, namunr ealita yang terjadi sistem pemasyarakatan pada Rutan dan Lapas di Indonesia masih dinilai belum maksimal untuk memenuhi pemenuhan hak-hakbagi tahanan perempuan yang hamil. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penerapan hak tahanan perempuan di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II A Semarang dan bagaimana penerapan hak tersebut diterapkan di masa yang akan datang. Dalam penulisan hukum ini penulis melakukan metode penelitian yuridis empiris dengan spesifikasi penelitian deskriptif analistis dengan menggunakan pendekatan perbandingan yang dilakukan dengan cara membandingkan penerapan hak tahanan perempuan hamil yang terjadi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Tasikmalaya.
Dalam penelitian dan pembahasan penulisan hukum ini penulis menjelaskan dua sub bab mengenai penerapan hak tahanan perempuan hamil di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II A Semarang yang menjelaskan gambaran umum serta implementasi hak yang didapatkan para tahanan hamil di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II A Semarang. Adapun sub bab yang selanjutnya, penulis menjelaskan bagaimana kelebihan dan kendala dari segi struktural dan sarana prasarana yang ada di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II A Semarang. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa Perempuan Kelas II A Semarang telah melakukan penerapan hak tahanan perempuan hamil berdasarkanUndang-UndangNomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan meskipun dalam keberlangsungannya masih terdapat kendala-kendala yang perlu diperbaiki agar lebih baik.
Kata Kunci: Tahanan, hak tahanan perempuan hamil, Lembaga Pemasyarakatan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 01 Nov 2023 07:44
Last Modified: 01 Nov 2023 07:44
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14908

Actions (login required)

View Item View Item