Search for collections on Undip Repository

IMPLEMENTASI DISMISSAL PROCESS DALAM PENYELESAIAN SENGKETA HUKUM LINGKUNGAN DI PTUN (STUDI PUTUSAN PTUN JAKARTA NO. 146/G/2021/PTUN.JKT)_024 Acara 2023

Renawati, Novita and Utama, Yos Johan and Putrijanti, Aju (2023) IMPLEMENTASI DISMISSAL PROCESS DALAM PENYELESAIAN SENGKETA HUKUM LINGKUNGAN DI PTUN (STUDI PUTUSAN PTUN JAKARTA NO. 146/G/2021/PTUN.JKT)_024 Acara 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1986 tentang Peradilan Tata Usaha Negara (UU Peratun) dalam Pasal 62 telah mengatur mengenai pemeriksaan dismissal process yang berfungsi sebagai sarana penyaring terhadap setiap gugatan yang masuk di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). Penelitian ini berfokus mengkaji implementasi dismissal process dalam penyelesaian sengketa hukum lingkungan di PTUN Jakarta terhadap gugatan perwakilan masyarakat Kabupaten Kepulauan Sangihe melawan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral serta PT. Tambang Mas Sangihe dengan objek gugatan berupa Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor: 163.K/ MB. 04/DJB/2021. Gugatan lolos pada tahap dismissal process, namun Majelis Hakim telah menjatuhkan Putusan PTUN Jakarta No. 146/G/2021/PTUN.JKT dengan amar bahwagugatan tidak dapat diterima (NietOntvankelijkeVerklaard). Metode penelitian yang digunakan yaitu yuridis normatif dengan menelaah bahan hukum sekunder atau menerapkan studi kepustakaan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian meliputi pendekatan perundang-undangan (Statue Approach) serta pendekatan konseptual (Conseptual Approach). Hasil penelitian menunjukkan bahwa objek sengketa a quo termasuk dalam Keputusan Tata Usaha Negara yang merupakan perbuatan hukum perdata sebagaimana diatur dalam Pasal 2 UU Peratun sehingga tidak termasuk dalam kewenangan absolut PTUN. Berdasarkan kualifikasi tersebut, dengan merujuk pada ketentuan Pasal 62 ayat (1) huruf a UU Peratun, maka seharusnya gugatan diberikan putusan dismissal oleh Ketua PTUN Jakarta. Kesimpulan yang dihasilkan menyatakan bahwa implementasi dismissal process belum dijalankan secara optimal dalam penyelesaian sengketa hukum lingkungan di PTUN Jakarta sehingga putusan yang dihasilkan bertentangan dengan penerapan asas peradilan yang sederhana, cepat dan biaya ringan.

Kata Kunci :Dismissal process, Penyelesaian sengketa lingkungan hidup, Keputusan Tata Usaha Negara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 01 Nov 2023 07:38
Last Modified: 01 Nov 2023 07:38
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14906

Actions (login required)

View Item View Item