Search for collections on Undip Repository

Perbedaan Asupan Protein dan Asupan Mikronutrien Pembentuk Hemoglobin Pada Penyandang Autis dan Tidak Autis

Aziza Kesiananda, Taqiyla and Margawati, Ani and Purwanti, Rachma and Pramono, Adriyan Perbedaan Asupan Protein dan Asupan Mikronutrien Pembentuk Hemoglobin Pada Penyandang Autis dan Tidak Autis. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Taqiyla.pdf

Download (164kB)

Abstract

Latar Belakang: Anak dengan ASD (Autis Syndrome Disorder) memiliki beberapa permasalahan keragaman asupan makanan dibandingkan anak non ASD, hal tersebut mengakibatkan terjadinya difisiensi beberapa zat gizi pada penyandang autis. Studi menunjukkan bahwa kadar hemoglobin pada anak dengan autis lebih rendah dibanding dengan anak non autis. Hemoglobin dalam tubuh disusun oleh beberapa zat gizi seperti protein dan mikronutrien seperti zat besi, asan folat, vitamin C, vitamin B12, vitamin A, vitamin B6 serta mineral seng (Zn) dan tembaga (Cu).
Tujuan: Menganalisis perbedaan asupan protein dan asupan mikronutrien pembentuk hemoglobin pada penyandang autis dan tidak autis.
Metode: Desain penelitian adalah cross sectional pada responden berusia 13-26 tahun, teknik consecutive sampling digunakan untuk mendapatkan subjek penelian sebesar 51 subjek yang sesuai dengan kriteria inklusi yang terdiri dari 27 subjek penyandang autis dan 24 subjek bukan pendandang autis. Data asupan diambil dengan menggunakan quesioner SQ-FFQ (Semi Quantitative-Food Frequency Questionnaire). Analisis yang digunakan adalah uji mann whitney.
Hasil: Hasil uji statistik yang menunjukan perbedaan signifikan antara asupan vitamin C (p=0,024) pada penyandang autis dan tidak autis. Pada zat gizi protein (p=0,89) dan mikronutrien lainnya seperti zat besi (p=0,511), asam folat (p=0,084), vitamin B12 (p=0,55), vitamin A (p=0,723), vitamin B6 (p=0,945), seng (p= 0,665) dan tembaga (p=0,869) tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara penyandang autis dan bukan autis. Terdapat juga perbedaan yang signifikan dari karakteristik pekerjaan ibu (p=0,019) dan total pendapatan keluarga (p=0,026) pada penyandang autis dan tidak autis
Simpulan: Terdapat perbedaan asupan vitamin C pada penyandang autis dan tidak autis.
Kata Kunci: autis, protein, mikronutrien, hemoglobin

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 21 Jul 2023 05:02
Last Modified: 21 Jul 2023 05:02
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14903

Actions (login required)

View Item View Item