Search for collections on Undip Repository

PENGARUH PAPARAN PESTISIDA ORGANOFOSFAT DAN KARBAMAT TERHADAP GANGGUAN NEUROLOGIS PADA PETANI HORTIKULTURA: SYSTEMATIC REVIEW

FADHILAH, DINA (2023) PENGARUH PAPARAN PESTISIDA ORGANOFOSFAT DAN KARBAMAT TERHADAP GANGGUAN NEUROLOGIS PADA PETANI HORTIKULTURA: SYSTEMATIC REVIEW. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO DINA FADHILAH.pdf - Published Version

Download (491kB)

Abstract

Sektor pertanian sebagai salah satu sumber ekonomi pembangunan di Indonesia sangat erat kaitannya dengan penggunaan pestisida organofosfat dan karbamat. Pihak yang berisiko mengalami keracunan pestisida adalah petani hortikultura karena menggunakan pestisida dengan jumlah besar. Salah satu efek keracunan kronis pestisida yaitu berupa kelainan saraf dan perilaku yang dapat mengakibatkan terjadinya gangguan neurologis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh paparan pestisida organofosfat dan karbamat terhadap gangguan neurologis pada petani hortikultura berdasarkan tinjauan sistematis. Penelitian ini menggunakan metode systematic review dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan cara mengidentifikasi artikel-artikel terdahulu dengan kurun waktu publikasi 10 tahun terakhir melalui database online kemudian dinilai kualitasnya menggunakan The Joanna Briggs Institute (JBI) Critical Appraisal Tools. Hasil setelah peninjauan yaitu terdapat 20 artikel untuk dilakukan evaluasi kualitatif. Hasil studi menunjukkan p-value<0,05 pada variabel usia, pendidikan, jumlah dan jenis pestisida, masa kerja, penggunaan APD, durasi penyemprotan pestisida, dan frekuensi penyemprotan pestisida.

Kata Kunci : Organofosfat, karbamat, petani hortikultura, gangguan neurologis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 21 Jul 2023 04:25
Last Modified: 21 Jul 2023 04:25
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14899

Actions (login required)

View Item View Item