Search for collections on Undip Repository

Proses Pencarian Identitas Melalui Tato: Interpretative Phenomenological Analysis tentang Perempuan Bertato

Pirade, Pamella Virginia Tusara and Indriana, Yeniar (2023) Proses Pencarian Identitas Melalui Tato: Interpretative Phenomenological Analysis tentang Perempuan Bertato. Undergraduate thesis, Undip.

[img] Text
Abstrak_Pamella Virginia.pdf

Download (9kB)

Abstract

Penggunaan tato di kalangan kaum muda sudah seperti gaya hidup bagi sebagian orang. Sekarang ini, tato tidak hanya didominasi oleh laki-laki tetapi juga oleh kaum perempuan. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengalaman bertato pada perempuan dewasa awal di tengah-tengah stigma masyarakat, termasuk peristiwa yang mempengaruhi pengambilan keputusan dan gambaran citra diri setelah bertato. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dalam mencari partisipan. Subjek dalam penelitian ini adalah perempuan dewasa usia 18 hingga 40 tahun, memiliki tato minimal 2 tahun dan bersedia menjadi partisipan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, yang kemudian dijadikan
transkrip wawancara untuk dianalisis menggunakan interpretative
phenomenological analysis. Hasil analisis data menemukan dua tema induk, yakni (1) pencarian identitas melalui tato, (2) konsekuensi psikologis. Terdapat juga tema khusus pada partisipan, yakni memiliki harga diri yang rendah sebelum bertato dan adanya stigma pribadi terkait jenis tato tertentu. Sedangkan pada partisipan lainnya ditemukan adanya pertentangan batin terkait aturan agama. Melalui penelitian ini, subjek menceritakan pengalamannya terkait tato yang dimiliki.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 03:23
Last Modified: 05 Feb 2024 03:23
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14890

Actions (login required)

View Item View Item