Search for collections on Undip Repository

Uji Efektivitas Antibakteri Sediaan Pasta Gigi Berbahan Ekstrak Bunga Kembang Sepatu (Hibiscus rosa sinensis L.) terhadap Pertumbuhan Lactobacillus acidophilus

Wibowo, Albertus Setiawan and Antari, Arlita Leniseptaria and Oedijani, Oedijani and Prihatiningsih, Tyas (2023) Uji Efektivitas Antibakteri Sediaan Pasta Gigi Berbahan Ekstrak Bunga Kembang Sepatu (Hibiscus rosa sinensis L.) terhadap Pertumbuhan Lactobacillus acidophilus. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text (ABSTRAK-KTI)
ALBERTUS SETIAWAN WIBOWO-22010219130015-KTI-ABSTRAK.pdf

Download (37kB)

Abstract

Latar Belakang: Lactobacillus acidophilus merupakan bakteri penyebab terjadinya karies gigi yang sering ditemukan di karies dentin. Salah satu upaya untuk mencegah terjadinya karies adalah dengan rutin menggosok gigi menggunakan pasta gigi yang bersifat antibakteri. Salah satu bahan alami yang bersifat antibakteri untuk ditambahkan pada pembuatan pasta gigi yaitu bunga sepatu (Hibiscus rosa sinensis L.). Kandungan senyawa kimia pada bunga sepatu mengandung senyawa metabolit sekunder yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri, sehingga berpotensi mensubstitusi bahan antibakteri kimiawi pada pasta gigi. Tujuan: Untuk mengetahui aktivitas antibakteri sediaan pasta gigi ekstrak bunga kembang sepatu terhadap pertumbuhan L. acidophilus. Metode: Penelitian eksperimental ini menggunakan desain pretest post-test control group design. Sampel penelitian yang digunakan yaitu sediaan pasta gigi dengan penambahan ekstrak bunga sepatu konsentrasi 40%, 60%, dan 80%, serta aquades sebagai kontrol negatif dan pasta gigi komersial sebagai kontrol positif. Sampel lalu dicampur dengan media MRSB dan L. acidophilus dan diamati optical density (OD)-nya menggunakan spektrofotometer sebelum dan setelah inkubasi selama 24jam pada 37oC. Data berupa perbedaan nilai absorbansi kemudian dianalisis dengan uji Kruskal wallis. Hasil: Sediaan pasta gigi berbahan ekstrak bunga kembang sepatu konsentrasi 40%, 60%, 80%, dan pasta gigi herbal komersial memiliki aktivitas antibakteri yang berbeda terhadap pertumbuhan L. acidophilus, yang ditunjukkan dengan penurunan selisih nilai OD dari yang terkecil ke terbesar secara berturut-turut yaitu konsentrasi 60%, 80%, 40%, dan K+ serta bersifat homogen, stabil, dan secara berturut-turut mempunyai pH 8,5; 8,5; dan 8,6. Kesimpulan: Pasta gigi berbahan ekstrak bunga sepatu dapat menghambat pertumbuhan L. acidophilus, dengan konsentrasi paling efektif yaitu 60%.

Kata kunci: Hibiscus rosa sinensis L., pasta gigi herbal, Lactobacillus acidophilus, KHM (Kosentrasi hambat minimum)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Hibiscus rosa sinensis L., pasta gigi herbal, Lactobacillus acidophilus, KHM (Kosentrasi hambat minimum)
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Dentistry
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 25 Jul 2023 02:38
Last Modified: 25 Jul 2023 02:38
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14853

Actions (login required)

View Item View Item