Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN HIGIENE SANITASI DEPOT AIR MINUM DENGAN KEBERADAAN BAKTERI ESCHERICHIA COLI PADA AIR MINUM ISI ULANG DI KECAMATAN SETU KOTA TANGERANG SELATAN

RAMADHANTI, ADIRA PUTRI (2023) HUBUNGAN HIGIENE SANITASI DEPOT AIR MINUM DENGAN KEBERADAAN BAKTERI ESCHERICHIA COLI PADA AIR MINUM ISI ULANG DI KECAMATAN SETU KOTA TANGERANG SELATAN. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO ADIRA.pdf - Published Version

Download (429kB)

Abstract

Indonesia telah memiliki standar baku mutu untuk kualitas air minum. Berdasarkan persyaratan mikrobiologi, air minum yang aman untuk kesehatan harus terbebas dari bakteri Escherichia coli atau berjumlah 0/100 ml sampel. Salah satu bentuk pengawasan terhadap kualitas air minum adalah pelaksanaan higiene sanitasi. Depot air minum sebagai penyedia air minum isi ulang harus memperhatikan kondisi higiene sanitasi guna mengurangi risiko terjadinya kontaminasi pada air minum agar aman dikonsumsi oleh masyarakat. Penilaian higiene sanitasi terdiri dari aspek tempat, aspek peralatan, dan aspek penjamah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan higiene sanitasi depot air minum dengan keberadaan Escherichia coli pada air minum isi ulang di Kecamatan Setu Kota Tangerang Selatan. Sampel yang digunakan berjumlah 30 depot air minum. Penelitian ini merupakan jenis penelitian observasional analitik dengan desain studi cross sectional dan lembar observasi yang digunakan berpedoman pada Permenkes Nomor 14 Tahun 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 18 (60%) air minum isi ulang tercemar Escherichia coli, 15 (50%) depot dengan sanitasi tempat yang kurang baik, 10 (33,3%) depot dengan sanitasi peralatan yang kurang baik, dan 13 (43,3%) depot dengan higiene penjamah yang kurang baik. Analisis bivariat menemukan bahwa terdapat hubungan antara sanitasi tempat (p value = 0,001), sanitasi peralatan (p value = 0,048), dan higiene penjamah (p value = 0,042) dengan keberadaan Escherichia coli pada air minum isi ulang. Operator depot disarankan mengikuti pelatihan higiene sanitasi untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sedangkan masyarakat diimbau selektif dalam memilih air minum yang aman dikonsumsi.

Kata kunci : Escherichia coli, depot air minum, higiene sanitasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:34
Last Modified: 18 Jul 2023 07:34
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14852

Actions (login required)

View Item View Item