Search for collections on Undip Repository

Hubungan antara Regulasi Emosi dengan Intolerance of Uncertainty Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro

Mawar, Rona Bunga and Dewi, Kartika Sari (2023) Hubungan antara Regulasi Emosi dengan Intolerance of Uncertainty Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Undergraduate thesis, Undip.

[img] Text
Rona Bunga M_Abstrak.pdf

Download (91kB)

Abstract

Ketidakpastian merupakan hal yang pasti dialami oleh mahasiswa. Ketidakpastian memunculkan berbagai respon bagi individu. Respon negatif individu dalam menghadapi ketidakpastian memunculkan masalah yang disebut intolerance of uncertainty, yang membawa dampak permasalahan psikologis seperti psychological distress, kecemasan dan depresi. Regulasi emosi dapat membantu individu untuk mengelola emosi serta mengatur respon perilaku yang muncul ketika menghadapi suatu tantangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi emosi dengan intolerance of uncertainty pada mahasiswa. Penelitian dilakukan kepada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro dengan menggunakan teknik convinience sampling. Sebanyak 344 mahasiswa (µusia = 19,04; perempuan 85,75%; laki-laki 14,25%) berpartisipasi dengan mengisi Skala Regulasi Emosi (α = 0,909; 25 aitem) dan Skala Intolerance of Uncertainty (α = 0,819; 8 aitem). Hasil penelitian melalui uji korelasi Spearman Rank menunjukkan bahwa regulasi emosi memiliki hubungan negatif yang signifikan dengan intolerance of uncertainty pada mahasiswa (rs = -0,429; p = 0,000), dengan kekuatan hubungan berada pada kategori sedang. Dengan demikian, regulasi emosi dapat menjadi solusi untuk menurunkan tingkat intoleransi ketidakpastian pada mahasiswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 03:55
Last Modified: 05 Feb 2024 03:55
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14849

Actions (login required)

View Item View Item