Search for collections on Undip Repository

IMPLIKASI HUKUM PEMILIKAN TANAH PERTANIAN SECARA ABSENTEE (Studi Di Desa Suka Maju Kecamatan Sibolangit Kabupaten Deli Serdang)_008 Perdata 2023

SEMBIRING, FEBRI MANISTA BR and Adhim, Nur and Musyafah, Aisyah Ayu (2023) IMPLIKASI HUKUM PEMILIKAN TANAH PERTANIAN SECARA ABSENTEE (Studi Di Desa Suka Maju Kecamatan Sibolangit Kabupaten Deli Serdang)_008 Perdata 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Larangan pemilikan tanah pertanian secara absentee yang menjadi salah satu program landreform masih kerap dijumpai khususnya di daerah pedesaan. Pemilikan tanah pertanian secara absenteeini sampai sekarang masih sering ditemukandi Desa Suka Maju. Penerapan larangan yang belum dapat berlaku secara optimal di desa tersebut pada akhirnya menyebabkan suatu permasalahan baru di masyarakat. Tanah pertanian yang dimiliki secara absentee nyatanyaditerlantarkan oleh pemiliknyasehingga menimbulkan sengketa pemilikan hak atas tanah dengan warga desa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab pemilikan tanah pertanian secara absentee di Desa Suka Maju dan untuk mengetahui implikasi hukum yang dapat terjadi jika memiliki tanah pertanian secara absentee. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis empiris dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder yang kemudian data tersebut diolah menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 2 penyebab pemilikan tanah pertanian secara absentee di Desa Suka Maju.Pertama adanya perbuatan hukum berupa jual beli yang dilakukan oleh penduduk desa. Kedua adanya peristiwa hukum berupa kematian yang menyebabkan terjadinya pewarisan. Pada kasus yang terjadi di Desa Suka Maju karena penerapan larangan yang belum optimal menyebabkan tanah pertanian masih dapat dimiliki secara absentee sehingga akhirnya salah satu pemilikan tanah absentee yang ada di desa ini menyebabkan terjadinya sengketa pemilikan hak atas tanah dengan warga desa. Pemilikantanah pertanian secara absenteepada dasarnya dapat menimbulkan implikasi hukum berupa hapusnya hak atas tanah jika pemilik tanah absentee tidak melaksanakan kewajiban sebagaimana yang telah diatur dalam peraturan perundang-undangan.

Kata Kunci: Implikasi Hukum, Landreform, Tanah Absentee

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 01 Nov 2023 08:46
Last Modified: 01 Nov 2023 08:46
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14844

Actions (login required)

View Item View Item