Search for collections on Undip Repository

Kepastian Hukum Bagi Kreditur Atas Pembebanan Objek Jaminan Fidusia yang Di Fidusia Ulang dalam Pelaksanaan Eksekusi Jaminan Fidusia_025 Perdata 2023

SHIDQI, SHEEHANDEA TALITHA and Badriyah, Siti Malikhatun and Adhi, Yuli Prasetyo (2023) Kepastian Hukum Bagi Kreditur Atas Pembebanan Objek Jaminan Fidusia yang Di Fidusia Ulang dalam Pelaksanaan Eksekusi Jaminan Fidusia_025 Perdata 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Era globalisasi yang berkembang pesat mengharuskan negara untuk mengupayakan pembangunan dalam segala aspek kehidupan demi mewujudkan tujuan nasional.Salah satu langkah yang dapat dilakukan ialah dengan memberikan fasilitas kredit kepada masyarakat.Pemberian fasilitas kredit tidak dilakukan secara cuma-cuma. Selain itu, pada prinsipnya pemberian kredit dilakukan dengan dasar asas kepercayaan. Sehingga dalam hal ini diperlukan adanya suatu kepastian hukum bagi pihak kreditur yang telah memberikan fasilitas kredit pada debitur melalui jaminan yang dimiliki oleh debitur.Mengenai jaminan ini sendiri sejatinya terdapat beberapa macam, salah satunya adalah jaminan Fidusia. Permasalahan yuridis muncul ketika terdapat lebih dari satu jaminan fidusia yang dibebankan kepada objek yang sama. Hal ini tentunya merugikan banyak pihak, terutama pihak kreditur penerima fidusia sebagai kreditur preferen. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana pengaturan mengenai fidusia ulang berkaitan dengan kepastian hukum bagi para kreditur serta untuk mengetahui bagaimana langkah penyelesaian yang dapat diambil dalam hal terjadi fidusia ulang.Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan hukum ini adalah penelitian hukum normatif/doktrinal dengan menggunakan pendekatan kasus (case approach). Adapun spesifikasi penelitian yang digunakan dalam penulisan hukum ini adalah penelitian deskriptif analitis. Metode pengumpulan data yang digunakan pun adalah metode kepustakaan yang bersumber dari bahan hukum primer, sekunder, dan tersier. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis secara kualitatif.
Adapun ketentuan mengenai larangan fidusia ulang telah diatur secara jelas dalam Pasal 17 UUJF& kemudian ditegaskan kembali melalui Pasal 28 UUJF.Selain itu, ketentuan dalam pasal ini juga sekaligus menyiratkan bahwa dalam hal terjadi fidusia ulang terhadap objek jaminan fidusia yang sama, maka jaminan fidusia yang kedua dan seterusnya dianggap tidak pernah terjadi serta memberikan jaminan kepastian hukum bagi kreditur penerima jaminan fidusia sebagai kreditur preferen yang memiliki hak istimewa untuk didahulukan. Namun, hal ini juga berarti kedudukan kreditur yang bukan pihak pertama yang mendaftarkan jaminan fidusia ini sangat dirugikan. Adapun penyelesaian sengketa fidusia ulang dapat diselesaikan melalui litigasi (jalur pengadilan) atau secara non litigasi yakni dengan langkah mediasi.

Kata Kunci: Jaminan Fidusia, Eksekusi, Kreditur Preferen, Fidusia Ulang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 02 Nov 2023 02:46
Last Modified: 02 Nov 2023 02:46
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14835

Actions (login required)

View Item View Item