Search for collections on Undip Repository

PENERAPAN KEADILAN SUBSTANTIF DALAM KOMPLEKSITAS PEMBUKTIAN DAN PEMBAGIAN HARTA PERKAWINAN DI PERADILAN INDONESIA (ANALISIS PUTUSAN NOMOR 251/PDT.G/2020/PN.DPK)_026 Perdata 2023

FERNANDA, SHEFIA ARIESTA and Yunanto, Yunanto and R. Suharto, R. Suharto (2023) PENERAPAN KEADILAN SUBSTANTIF DALAM KOMPLEKSITAS PEMBUKTIAN DAN PEMBAGIAN HARTA PERKAWINAN DI PERADILAN INDONESIA (ANALISIS PUTUSAN NOMOR 251/PDT.G/2020/PN.DPK)_026 Perdata 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada perkawinan, terdapat harta pribadi dan harta bersama yang sulit untuk dibuktikan status dan pembagiannya. Kompleksitas ini menjadi tantangan bagi hakim untuk membuktikan dan membagi harta bersama di tengah pluralitas pengaturan dan keterbatasan dalam pembuktian di pengadilan. Penelitian ini bertujuan mengkaji Putusan Nomor 251/Pdt.G/2020/PN.Dpk tentang sengketa harta bersama, untuk menganalisis penggunaan aturan hukum serta menerapkan keadilan substantif pada putusan agar meminimalisir kompleksitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis normatif melalui pendekatan kasus dan doktrinal. Hasil membuktikan Pertama, majelis hakim tepat memilih Pasal 35 Undang-UndangNomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan sebagai upaya penyelesaian perkara, namun terdapat kelalaian dalam menerapkan ketentuan ayat (2) nya sebagai penentu asal-usul harta. Kedua, bahwa putusan hanya mengandung nilai keadilan prosedural tanpa mencerminkan keadilan substantif. Sehingga diperlukan ketelitian hakim dalam memilih sekaligus menerapkan peraturan sebagai pedoman untuk menyelesaikan perkara, selain itu majelis hakim yang terbelenggu dalam pembuktian formil sudah selayaknya berani untuk melakukan pembuktian materiil untuk menemukan kebenaran sesungguhnya agar dilahirkannya keadilan substantif.
Kata Kunci: Keadilan Substantif, Harta Bersama, Kompleksitas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 02 Nov 2023 02:45
Last Modified: 02 Nov 2023 02:45
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14825

Actions (login required)

View Item View Item