Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Patient Safety Brieifing terhadap Kepatuhan Perawat Melaksanakan Bundle Pencegahan Ventilator Associated Pneumonia

Wahdah, Megawati Sholihatul and Dwiantoro, Luky and Arso, Septo Pawelas (2023) Pengaruh Patient Safety Brieifing terhadap Kepatuhan Perawat Melaksanakan Bundle Pencegahan Ventilator Associated Pneumonia. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
HALAMAN DEPAN_MEGAWATI_TESIS.pdf

Download (8MB)
[img] Text
BAB1_MEGAWATI_TESIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2_MEGAWATI_TESIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (939kB)
[img] Text
BAB 3_MEGAWATI_TESIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB)
[img] Text
BAB 4_MEGAWATI_TESIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (907kB)
[img] Text
BAB 5_MEGAWATI_TESIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (751kB)
[img] Text
BAB 6_MEGAWATI_TESIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_MEGAWATI_TESIS.pdf

Download (530kB)
[img] Text
LAMPIRAN_MEGAWATI_TESIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Ventilator Associated Pneumonia (VAP) merupakan salah satu komplikasi infeksi nosokomial akibat penggunaan ventilator dengan insiden VAP 12%, rata-rata kejadian VAP 20,69 per 1000 hari pemakaian ventilator dan 17,6% dari total komplikasi penggunaan ventilator. Pelaksanaan bundle pencegahan VAP menjadi faktor signifikan manajemen resiko VAP. Kepatuhan secara konsisten pelaksanaan bundle mempengaruhi outcome pasien, angka kejadian VAP, rata-rata VAP, angka kematian, hari penggunaan ventilator, jumlah kuman patogen, total hari perawatan di rumah sakit, hari perawatan di ICU dan biaya pelayanan menurun. Penelitian lain menyatakan patient safety briefing berpengaruh terhadap peningkatkan budaya keselamatan dan outcome keselamatan pasien antara lain: peningkatan identifikasi risiko 41,6%. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh patient safety brieifing terhadap kepatuhan perawat melaksankan bundle pencegahan VAP. Penelitian ini dilakukan di ruang ICU RSUD Muntilan Kabupaten Magelang sebagai kelompok intervensi dan ICU RSUD Gunawan Mangunkusumo Kabupaten Semarang sebagai kelompok kontrol. Desain penelitian ini menggunakan penelitian eksperimental dengan pre post test pada kelompok intervensi dan kontrol. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi kepatuhan bundle pencegahan VAP , lembar observasi pelaksanaan patient safety brieifing dan kuesioner sikap perawat terhadap pelaksanaan patient safety brieifing. Instrumen telah melalui uji expert dan validitas reliabilitas intrumen. Penelitian ini dilakukan pada kelompok intervensi sejumlah 22 orang perawat ICU dan 16 orang perawat ICU pada kelompok. Hasil penelitian menunjukan perbedaan yang signifikan kepatuhan pelaksanaan bundle pencegahan VAP sebelum dan sesudah pelaksanaan patient safety brieifing pada kelompok intervensi (p=0,001). Sedangkan, kepatuhan pelaksanaan bundle pencegahan VAP kelompok kontrol tidak menunjukan perbedaan yang signifikan (p=0,062). Hasil uji multivariat pada model terahir didapatkan variabel beban kerja perawat berpengaruh signifikan (p=0,005) terhadap kepatuhan bundle pencegahan VAP sebagai variabel konfonding. Penelitian ini menemukan bahwa intervensi patient safety brieifing berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kepatuhan pelaksanaan bundle pencegahan VAP di ruang ICU. Meskipun demikian, variabel kofonding beban kerja ICU juga berpengaruh terhadap kepatuhan bundle pencegahan VAP.
Kata kunci: Patient Safety Brieifing, Kepatuhan, Ventilator Associated Pneumonia (VAP), Bundle Pencegahan VAP.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program in Nursing
Depositing User: S.Hum Bekti Iskandar
Date Deposited: 17 Jul 2023 08:01
Last Modified: 17 Jul 2023 08:01
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14821

Actions (login required)

View Item View Item