Search for collections on Undip Repository

Hubungan antara Regulasi Diri Dalam Belajar dengan Student Engagement Mahasiswa Universitas Diponegoro pada Masa Transisi Pembelajaran Daring ke Pembelajaran Luring

Widoretno, Rahajeng Nareswari and Widodo, Prasetyo Budi (2023) Hubungan antara Regulasi Diri Dalam Belajar dengan Student Engagement Mahasiswa Universitas Diponegoro pada Masa Transisi Pembelajaran Daring ke Pembelajaran Luring. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
Rahajeng_Abstrak skripsi.pdf

Download (95kB)

Abstract

Proses transisi dari pembelajaran daring ke luring menimbulkan tantangan yang membutuhkan adaptasi dari mahasiswa. Student engagement merupakan faktor penting dalam menilai keberhasilan adapatasi mahasiswa di perguruan tinggi. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa regulasi diri dalam belajar berperan penting dalam meningkatkan student engagement mahasiswa selama pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi diri dalam belajar dengan student engagement mahasiswa Universitas Diponegoro pada masa transisi pembelajaran daring ke pembelajaran luring. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 460 mahasiswa angkatan 2020 Universitas Diponegoro yang baru mengikuti pembelajaran luring pada semester gasal 2022 (P = 316; L = 144; SDUsia = 0,150) yang ditentukan menggunakan proportional cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Regulasi Diri Dalam Belajar (35 aitem, α= 0,904) dan Skala Student Engagement (39 aitem, α= 0,908). Uji hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana dan menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara regulasi diri dalam belajar dengan student engagement (rxy = 0,725; p = 0,000 (p<0,005); r2 = 0,526), semakin tinggi regulasi diri dalam belajar maka semakin tinggi student engagement mahasiswa Universitas Diponegoro pada masa transisi pembelajaran daring ke pembelajaran luring dan sebaliknya. Regulasi diri dalam belajar berkontribusi sebesar 52,6% terhadap peningkatan student engagement mahasiswa Universitas Diponegoro pada masa trasisi dari pembelajaran daring ke pembelajaran luring.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 03:14
Last Modified: 05 Feb 2024 03:14
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14810

Actions (login required)

View Item View Item