Search for collections on Undip Repository

ANALISIS PENYELESAIAN SENGKETA PERKARA PERDATA MELALUI JALUR ARBITRASE INTERNASIONAL DALAM KASUS YANI HARYANTO DAN ED & F. MAN LTD_031 Perdata 2023

NURZAMAN, IS MUHAMMAD and Priyono, Ery Agus and Widanarti, Herni (2023) ANALISIS PENYELESAIAN SENGKETA PERKARA PERDATA MELALUI JALUR ARBITRASE INTERNASIONAL DALAM KASUS YANI HARYANTO DAN ED & F. MAN LTD_031 Perdata 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dunia perdagangan internasional merupakan sebuah hubungan keperdataan dalam lingkup perjanjian yang tidak sederhana dikarenakan dalam membentuk suatu perjanjian untuk mengikatkan diri atau kelompok kepada individu atau kelompok yang lain haruslah memahami hukum yang berlaku dari pihak-pihak yang mengikatkan diri serta memungkinkan terjadi sengketa keperdataan dalam konteks hukum dagang, sebagai salah satu contoh dari sengketa dalam hubungan perjanjian internasional adalah kasus sengketa antara Yani Haryanto dengan ED & F.Man Ltd. Permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini mengenai pelaksanaan putusan arbitrase internasional di Indonesia serta pengaruh serta kedudukan peraturan nasional terhadap putusan arbitrase internasional di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis normatif dengan menggunakan spesifikasi penelitian deskriptif analitis dan metode analisis data yang bersifat kualitatif. Penelitian ini memberikan kesimpulan bahwasanya Konvensi New York Tahun 1958 sebagai inti dari peraturan arbitrase internasional mengatur didalamnya terkait pelaksanaan putusan arbitrase internasional di setiap wilayah negara anggotanya, serta putusan yang diterbitkan oleh arbitrase internasional bersifat final and binding dan setiap negara wajib mematuhinya. Konvensi New York Tahun 1958 pun memberikan pengecualian terkait kewajiban pelaksanaan putusan arbitrase internasional apabila oleh negara yang berkaitan dirasa melanggar asas ketertiban umum yang berlaku di negara yang bersangkutan maka negara tersebut berhak untuk menolak serta tidak memberlakukan suatu putusan arbitrase internasional tersebut.

Kata Kunci : Arbitrase Internasional, Konvensi New York Tahun 1958, Asas Ketertiban umum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 02 Nov 2023 02:39
Last Modified: 02 Nov 2023 02:39
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14807

Actions (login required)

View Item View Item