Search for collections on Undip Repository

IMPLEMENTASI ASAS PERSAMAAN HAK DALAM KEPEMILIKAN TANAH BAGI WARGA NEGARA INDONESIA KETURUNAN TIONGHOA DI YOGYAKARTA PASCA UNDANG-UNDANG NOMOR 40 TAHUN 2008_034 Perdata 2023

MAISARA, FARRASA NAJA and Silviana, Ana and Suradi, Suradi (2023) IMPLEMENTASI ASAS PERSAMAAN HAK DALAM KEPEMILIKAN TANAH BAGI WARGA NEGARA INDONESIA KETURUNAN TIONGHOA DI YOGYAKARTA PASCA UNDANG-UNDANG NOMOR 40 TAHUN 2008_034 Perdata 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Yogyakarta dalam kepemilikan Hak Milik atas tanah masih memberlakukan ketentuan Instruksi Wakil Gubernur DIY Nomor K 898/I/A/1975 tentang Kebijakan Penyeragaman Pemberian Hak Atas Tanah kepada Warga Negara Indonesia Keturunan Asing yang tidak memperbolehkan keturunan Tionghoa untuk memperoleh hak atas tanah berupa Hak Milik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis mengenai sebab pembedaaan kepemilikan Hak Atas Tanah bagi keturunan Tionghoa di Yogyakarta, dan caraWNI keturunan Tionghoa untuk mendapatkan Hak Milik di Yogyakarta pasca Undang-undang Nomor 40 tahun 2008. Metode pendekatan berupa yuridis empiris dengan melakukan pengumpulan data berupa wawancara dan observasi yang dianalisis secara kualitatif dan berspesifikasi deskriptif analitis. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa alasan WNI Tionghoa tidak bisa mendapatkan Hak Milik atas tanahnya di Yogyakarta karena masih diberlakukan Instruksi Wakil Gubernur DIY Nomor K 898/I/A/1975 tentang Kebijakan Penyeragaman Pemberian Hak Atas Tanah kepada Warga Negara Indonesia Keturunan Asing yang menjelaskan adanya larangan Hak Milik orang non pribumi di Yogyakarta yang bertentangan dengan Pasal 9 UUPA. Cara untuk mendapatkan Hak Milik bagi WNI Tionghoa adalah dengan melakukan penyelundupan hukum seperti pemalsuan nama KTP dan menyuap pejabat yang berwenang mengurus tanah.
Kata Kunci: Asas Persamaan Hak, Kepemilikan Tanah, Keturunan Tionghoa, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 02 Nov 2023 02:38
Last Modified: 02 Nov 2023 02:38
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14802

Actions (login required)

View Item View Item