Search for collections on Undip Repository

KEDUDUKAN HUKUM TERHADAP DISPENSASI PERKAWINAN YANG DIAJUKAN OLEH PASANGAN PERKAWINAN YANG BERBEDA AGAMA._036 Perdata 2023

RIBKHAN, MUHAMMAD YANUWAR and Widanarti, Herni and Sarono, Agus (2023) KEDUDUKAN HUKUM TERHADAP DISPENSASI PERKAWINAN YANG DIAJUKAN OLEH PASANGAN PERKAWINAN YANG BERBEDA AGAMA._036 Perdata 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkawinan beda agama harus mempunyai suatu kekuatan hukum yang kuat dan tegas guna untuk memberikan kepastian hukum dan melindungi pasangan perkawinan beda agama. Salah satu upayanya yaitu dengan mencatatkan perkawinan beda agama ke Disdukcapil guna untuk memberikan perlindungan hukum. Kedudukan hukum terhadap dispensasi perkawinan beda agama telah berkekuatan hukum tetap yang mana telah dibuktikan dengan adanya penetapan dari pengadilan negeri yang berisikan pengabulan permohonan dispensasi perkawinan beda agama tersebut dengan berbagai pertimbangan-pertimbangan. Penulisan hukum ini menggunakan penggunaan metode yuridis empiris dan menggunakan spesifikasi penelitian deskriptif analitis. Data yang digunakan yaitu data sekunder yang diperoleh melalui studi pustaka dengan mempelajari literatur dan perundang-undangan terkait dengan permasalahan yang akan dibicarakan. Data ini terdiri dari data sekunder yang berupa bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier.
Hasil Penelitian dalam Penulisan Hukum ini menggambarkan mengenai upaya yang dapat dilakukan oleh pasangan beda agama apabila Disdukcapil menolak pencatatan perkawinan beda agama. Selanjutnya, akan dijelaskan kedudukan hukum terhadap dispensasi perkawinan beda agama. Kemudian dijelaskan bagaimana peran Disdukcapil Kota Semarang sebagai instansi pemerintah yang bertugas mencatat perkawinan beda agama untuk mendapatkan suatu kepastian hukum.

Kata Kunci: Perkawinan Beda Agama, Dispensasi Perkawinan, disdukcapil kota Semarang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 02 Nov 2023 02:36
Last Modified: 02 Nov 2023 02:36
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14801

Actions (login required)

View Item View Item