Uljanah, Nida (2023) Hubungan antara Alexithymia dengan Kecanduan Game Online Di Kota Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
Text
Sampul_Nida Uljanah_22020119130065.pdf Download (1MB) |
|
Text
Lampiran_Nida Uljanah_22020119130065.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
Daftar Pustaka_Nida Uljanah_22020119130065.pdf Download (149kB) |
|
Text
Bab 5_Nida Uljanah_22020119130065.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
|
Text
Bab 6_Nida Uljanah_22020119130065.pdf Restricted to Repository staff only Download (129kB) |
|
Text
Bab 4_Nida Uljanah_22020119130065.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
|
Text
Bab 3_Nida Uljanah_22020119130065.pdf Restricted to Repository staff only Download (574kB) |
|
Text
Bab 2_Nida Uljanah_22020119130065.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) |
|
Text
Bab 1_Nida Uljanah_22020119130065.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi internet dapat berdampak negatif. Dampak negatif teknologi internet seperti gawai sangat rentan dialami oleh remaja. Bermain game online adalah salah satu pemanfaatan teknologi internet yang sering digunakan remaja. Namun, bermian game online ini dapat berdampak pada gangguan mental, seperti gangguan anti sosial, kecemasan, dan stres bahkan sampai terjadinya alexithymia. Selain itu, penelitian mengenai alexithymia dengan game online masih sangat sedikit. Tujuan : untuk mengetahui hubungan antara alexithymia dengan kecanduan game online pada remaja di Kota Semarang. Metode : Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional menggunakan keusioner Perth Alexithymia Questionnaire (PAQ) dan kuesioner Indonesian Online Game Addiction Questonnaire (IGAQ) serta menggunakan teknik accidental sampling yang dilakukan pada responden usia 15-18 tahun. Hasil uji korelasi rank spearman adalah p-value 0,028 (α < 0,05) dan nilai koofesien korelasional 0,130. Kesimpulan : terdapat hubungan antara alexithymia dengan kecanduan game online pada remaja dengan arah positif. Semakin tinggi alexithymia maka semakin tinggi kecanduan game online.
Kata kunci : alexithymia, kecanduan game online, remaja
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Medicine |
Divisions: | Faculty of Medicine > Department of Nursing |
Depositing User: | Nisnaeni_ N_ Keperawatan_FK |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 08:43 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 08:43 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14793 |
Actions (login required)
View Item |