Search for collections on Undip Repository

PROBLEMATIKA DAN INTEGRITAS PEMILU DALAM MANAJEMEN DISTRIBUSI LOGISTIK PEMILIHAN UMUM SERENTAK TAHUN 2019 DI KOTA BATAM

Nofianto, Eri (2023) PROBLEMATIKA DAN INTEGRITAS PEMILU DALAM MANAJEMEN DISTRIBUSI LOGISTIK PEMILIHAN UMUM SERENTAK TAHUN 2019 DI KOTA BATAM. Masters thesis, Master Program In Political Science.

[img] Text
A. Cover.pdf - Submitted Version

Download (703kB)
[img] Text
Bab 1.pdf - Submitted Version

Download (793kB)
[img] Text
Bab II.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
Bab III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (502kB)
[img] Text
Bab IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (476kB)
[img] Text
Bab V.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (835kB)

Abstract

Salah satu kegiatan terpenting dalam tahapan logistik adalah distribusi logistik. Menurut Bowersox (2014), kegiatan distribusi logistik dapat terwujud apabila terdapat suatu manajemen/sistem logistik yang di dalamnya terdapat komponen-komponen yang bergabung untuk membentuk manajemen/sistem logistik, yakni struktur fasilitas, transportasi, persediaan, komunikasi, serta penanganan dan penyimpanan. Selain itu, setiap tahapan yang diselenggarakan tidak terkecuali tahapan distribusi logistik harus memenuhi parameter pemilu berintegritas, yaitu jujur, transparansi, akurat, akuntabel, dan tepat waktu (Surbakti, 2015) agar pemilu yang diselenggarakan dapat diterima peserta pemilu, pemilih atau rakyat serta dunia internasional.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis permasalahan-permasalahan dalam pelaksanaan manajemen distribusi logistik Pemilu Serentak Tahun 2019 di Kota Batam dan faktor-faktor penyebabnya serta implikasinya terhadap integritas Pemilu. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif dengan desain pendekatan analisis kualitatif.
Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui bahwa terdapat permasalahan-permasalahan dalam pelaksanaan manajemen distribusi logistik Pemilu Serentak Tahun 2019 di Kota Batam, yaitu (1) penentuan fasilitas saluran distribusi logistik, yakni tujuan akhir distribusi (KPPS/TPS); (2) adanya kekurangan jumlah surat suara; (3) pengendalian dan pengawasan yang tidak berjalan efektif; dan (4) keterlambatan penerimaan logistik, terlambatnya sortir dan pengepakan logistik, pengiriman logistik, dan penyimpanan logistik. Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya permasalahan, yaitu (1) penetapan rekapitulasi DPT yang berlarut-larut, (2) kurang diantisipasinya DPTb, (3) kurangnya jumlah dan terlambatnya logistik, (4) kurangnya personil yang menangani logistik, (5) gudang yang tidak memadai, dan (6) pengendalian dan pengawasan yang kurang efektif. Integritas pemilu: (1) jujur tidak terpenuhi; (2) transparansi tidak sepenuhnya dilakukan; (3) akurat atau tingkat akurasi tidak sepenuhnya terpenuhi; (4) akuntabel tidak sepenuhnya terpenuhi; dan (5) tepat waktu tidak sepenuhnya terpenuhi. Rekomendasi yakni perlu adanya sistem reward dan punishment yang dapat memicu kegairahan bekerja dan produktifitas setiap satuan kerja maupun pegawainya.

Kata Kunci : Problematika, Integritas Pemilu, Manajemen Distribusi Logistik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Master Program in Political Science
Depositing User: Apriyanto MIPOL
Date Deposited: 05 Jan 2024 04:12
Last Modified: 05 Jan 2024 04:12
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14792

Actions (login required)

View Item View Item