Search for collections on Undip Repository

PENERAPAN SISTEM INFORMASI REKAPITULASI (SIREKAP) UNTUK MENDORONG PEMILIHAN WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA SEMARANG TAHUN 2020 YANG LEBIH BERINTEGRITAS

Wulandari, Mita Suci (2023) PENERAPAN SISTEM INFORMASI REKAPITULASI (SIREKAP) UNTUK MENDORONG PEMILIHAN WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA SEMARANG TAHUN 2020 YANG LEBIH BERINTEGRITAS. Masters thesis, Master Program In Political Science.

[img] Text
0. COVER.pdf - Submitted Version

Download (673kB)
[img] Text
1. BAB I.pdf - Submitted Version

Download (448kB)
[img] Text
2. BAB II.pdf - Submitted Version

Download (675kB)
[img] Text
3. BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[img] Text
4. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
5. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] Text
6. LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)

Abstract

Teknologi sistem informasi rekapitulasi (Sirekap) yang hadir pada Pilwakot Semarang 2020 di tengah masa pandemi merupakan sebuah teknologi yang dirancang untuk memudahkan kerja petugas KPPS di tingkat TPS hingga Kabupaten/Kota. Perpindahan dari manual menuju sistem digital merupakan suatu inovasi, yang mana dalam hal ini pada tahapan rekapitulasi peghitungan suara. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis proses adopsi inovasi Sirekap serta menjelaskan kriteria integritas penyelenggara Pemilu dalam melaksankaan rekapitulasi hasil penghitungan suara dengan menggunakan aplikasi Sirekap. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian kaulitatif digunakan untuk mengemukakan gambaran mengenai bagaimana suatu gejala atau realitas komunikasi terjadi. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling dalam menentukan informan. Teknik pengumpulan data melalui indepth interview sebagai data primer. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persoalan yang muncul pada adopsi Sirekap yaitu mencakup aspek aplikasi, SDM dan infrastruktur dapat diselesaikan dengan berbagai keunggulan relatif yang tidak dimiliki dari teknologi sebelumnya. Proses adopsi inovasi pada penelitian ini meliputi keputusan (decision), pengetahuan (knowledge), persuasi (persuation), pelaksanaan (implementation), dan konfirmasi (confirmation). Adopsi inovasi Sirekap dalam Pilwakot Semarang Tahun 2020 ternyata dapat mendukung terlaksananya pemilu yang berintegritas. Terbukti Sirekap dapat meminimalisir kecurangan dalam proses rekapitulasi penghitungan suara. Melalui Sirekap maka penghitungan suara dan rekapitulasi hasil penghitungan suara di Kota Semarang menjadi transparan.

Kata Kunci: Adopsi Inovasi, Sirekap, Integritas

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Master Program in Political Science
Depositing User: Apriyanto MIPOL
Date Deposited: 05 Jan 2024 04:11
Last Modified: 05 Jan 2024 04:11
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14785

Actions (login required)

View Item View Item