Search for collections on Undip Repository

Studi Komparasi : Perbedaan Kecerdasan Emosi Pada Remaja Adiksi Game Online Tinggi dan Rendah di SMP N 02 Bantarbolang

Sari, Risma Fatika (2023) Studi Komparasi : Perbedaan Kecerdasan Emosi Pada Remaja Adiksi Game Online Tinggi dan Rendah di SMP N 02 Bantarbolang. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[thumbnail of BAB 1 (8).pdf] Text
BAB 1 (8).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[thumbnail of BAB II (17).pdf] Text
BAB II (17).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)
[thumbnail of BAB III (16).pdf] Text
BAB III (16).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (546kB)
[thumbnail of BAB IV (17).pdf] Text
BAB IV (17).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[thumbnail of BAB V (17).pdf] Text
BAB V (17).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[thumbnail of BAB VI (17).pdf] Text
BAB VI (17).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[thumbnail of Lampiran Skripsi_Risma Fatika Sari.pdf] Text
Lampiran Skripsi_Risma Fatika Sari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (655kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA (28).pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA (28).pdf

Download (313kB)
[thumbnail of Sebelum BAB 1 (1).pdf] Text
Sebelum BAB 1 (1).pdf

Download (513kB)

Abstract

Remaja yang memiliki kecerdasan emosi akan terhindar dari suatu hal yang negatif
dimana hal tersebut merugikan diri sendiri maupun orang lain. Kecanduan game online
masuk ke dalam masalah keperawatan jiwa. Permasalahan kecanduan game online
merupakan gangguan psikologis yang biasanya terjadi pada anak dan remaja. Tujuan
penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan kecerdasan emosi pada remaja
adiksi game online tinggi dan rendah. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi
komparasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa
SMP N 02 Bantarbolang sebanyak 672 siswa. Besar sample yang digunakan dalam
penelitian ini sebanyak 277 siswa yang diambil menggunakan teknik proportionate
random sampling. Responden yang berpartisipasi dalam penelitian adalah siswa yang
telah mengoperasikan game online selama 6 bulan terakhir. Data diambil menggunakan
2 kuesioner yaitu game addiction scale dan self-schutte emotional intelligence test.
Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji independent t test
menunjukkan nilai P value sebesar 0,029 < 0,05 artinya terdapat perbedaan kecerdasan
emosi pada siswa adiksi game online tinggi dan rendah. Kecerdasan emosi pada remaja
adiksi game online rendah mampu mengontrol keinginan remaja untuk bermain game
online. Remaja adiksi game online rendah mengatakan bahwa mereka tidak mengalami
ketergantungan pada game online baik secara fisik, psikis maupun pikiran. Hal tersebut
justru berbanding terbalik pada remaja adiksi game online tinggi. Ketergantungan
remaja terhadap game online dipengaruhi intensitasnya dalam bermain game online
sehingga memicu munculnya gangguan kesehatan jiwa pada remaja. Agar tercipta
kecerdasan emosi yang baik maka perlu diberikan pemahaman tentang pemanfaatan
teknologi khususnya game online sebagai sarana hiburan.

Kata Kunci : Perbedaan, Kecerdasan Emosi, Game Online, Remaja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nursing
Depositing User: Nisnaeni_ N_ Keperawatan_FK
Date Deposited: 14 Jul 2023 05:50
Last Modified: 14 Jul 2023 07:47
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14782

Actions (login required)

View Item View Item