Search for collections on Undip Repository

IMPLEMENTASI PERATURAN OTORITAS JASA KEUANGAN NO.11/ POJK.03/2020 TERHADAP WANPRESTASI PERJANJIAN KREDIT DENGAN HAK TANGGUNGAN DI PT.BANK MANDIRI CABANG KOTA MALINAU PROVINSI KALIMANTAN UTARA._135 Perdata 2023

Mishak, Gresshella Sarmyendra and Silviana, Ana and Dewi, I Gusti Ayu Gangga Santi (2023) IMPLEMENTASI PERATURAN OTORITAS JASA KEUANGAN NO.11/ POJK.03/2020 TERHADAP WANPRESTASI PERJANJIAN KREDIT DENGAN HAK TANGGUNGAN DI PT.BANK MANDIRI CABANG KOTA MALINAU PROVINSI KALIMANTAN UTARA._135 Perdata 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam mengembangkan usaha, modal usaha sangatlah penting bagi perkembangan dan kelanjutan sebuah usaha. Bagi masyarakat yang kekurangan dana untuk modal usahanya, bank memberikan fasilitas dalam bentuk kredit untuk pendanaan bagi masyarakat, dengan jaminan sebagai kepastian kepada bank bahwa debitur akan melunasi kembali kreditnya. Dengan terjadinya pandemi COVID-19, stabilitas ekonomi menurun dengan diadakannya lockdown dan social distancing. Untuk menghindari kegelisahan masyarakat terlebih di bidang ekonomi dimana banyak pengusaha terancam kreditnya menjadi macet dan kehilangan usahanya, Pemerintah mengeluarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia Nomor 11/ POJK.03/2020 tentang Stimulus Perekomian Nasional Sebagai Kebijakan Countercyclical Dampak Penyebaran Coronavirus Disease 2019 sebagai solusi bagi para debitur dan kebijakan ini diwajibkan bagi seluruh bank di Indonesia untuk diterapkan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana Bank Mandiri cabang Kota Malinau provinsi Kalimantan Utara mengimplementasikan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia Nomor 11/ POJK.03/2020 bagi nasabahnya yang terkena wanprestasi, dan hambatan dalam implementasinya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis empiris dengan menggunakan data primer dan sekunder dengan metode pengumpulan data melalui hasil wawancara, yang dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif.
Dari hasil penelitian, implementasi dari Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia Nomor 11/ POJK.03/2020 di Bank Mandiri bagi debitur yang wanprestasi berjalan dalam bentuk program restrukturisasi kredit, namun terdapat hambatan bagi debitur yang bukan kandidat yang memenuhi syarat menurut Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia Nomor 11/ POJK.03/2020 dimana mereka harus melalui jalur lain yaitu rescheduling.

Kata Kunci: Wanprestasi Kredit, Restrukturisasi Kredit, Pandemi COVID-19

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 02 Nov 2023 02:32
Last Modified: 02 Nov 2023 02:32
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14781

Actions (login required)

View Item View Item