Search for collections on Undip Repository

LEGALITAS PERWALIAN DALAM PERBUATAN HUKUM YANG DILAKUKAN OLEH WALI (Studi di Balai Harta Peninggalan Semarang)_027 Perdata 2023

ANDRIYANI, EKA OKTAVIA and Yunanto, Yunanto and Widanarti, Herni (2023) LEGALITAS PERWALIAN DALAM PERBUATAN HUKUM YANG DILAKUKAN OLEH WALI (Studi di Balai Harta Peninggalan Semarang)_027 Perdata 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam perwalian, seorang wali diberi wewenang untuk dapat mengatur serta mengurus pribadi anak dan juga harta kekayaan anak. Wali tersebut berkewajiban untuk mengangkat sumpah di bawah tangan Balai Harta Peninggalan. Dengan sumpah yang dilakukan di bawah tangan Balai Harta Peninggalan, akan diterbitkan Berita Acara Penyumpahan. Dalam melakukan perbuatan hukum, wali akan diminta Berita Acara Penyumpahan sebagai legalitas perwalian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis prosedur penetapan wali bagi anak yang masih di bawah umur dan legalitas perwalian dalam perbuatan hukum yang dilakukan oleh wali. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian hukum empiris. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) prosedur penetapan wali yaitu mengajukan permohonan penetapan wali dengan melengkapi syarat-syarat yang diperlukan serta pembuatan surat permohonan penetapan wali, dan tahap terakhir yaitu persidangan. (2) legalitas perwalian ada pada Pasal 362 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, yaitu diangkatnya sumpah wali di bawah tangan Balai Harta Peninggalan yang dituangkan dalam Berita Acara Penyumpahan.
Kata Kunci: Perwalian, Balai Harta Peninggalan, Legalitas Perwalian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 02 Nov 2023 02:29
Last Modified: 02 Nov 2023 02:29
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14779

Actions (login required)

View Item View Item