Search for collections on Undip Repository

Hubungan antara Employability dengan Career Adaptability pada Mahasiswa Generasi Z di Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro

Famosani, Alethiary and Qonitatin, Novi (2023) Hubungan antara Employability dengan Career Adaptability pada Mahasiswa Generasi Z di Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Diploma thesis, Undip.

[img] Text
Abstrak_Alethiary.pdf - Published Version

Download (227kB)

Abstract

Sumber Daya Manusia yang berkualitas diharapkan dapat terbentuk melalui pendidikan karena tantangan dan perubahan dunia kerja akibat Revolusi 4.0 atau Globalisasi. Mahasiswa Generasi Z akan menjadi fresh graduate dan diharapkan mampu untuk mendapatkan pekerjaan, mempertahankan pekerjaan, serta menghadapi perubahan dalam pekerjaan. Individu yang memiliki career adaptability yang baik dapat membantu mempersiapkan dan menghadapi perubahan. Di dalam career adaptability, individu juga memerlukan skill, salah satunya adalah employability yang dapat membantu individu di dalam dunia pekerjaan. Sampel pada penelitian ini sejumlah 209 mahasiswa diperoleh dari teknik sampel berstrata proporsional dengan mengambil secara random sebanyak 10% dari tiap sub – sub kelompok. Metode pengumpulan data menggunakan Skala employability (25 aitem; α = 0.950) dan Skala career adaptability (24 aitem; α = 0.906). Analisis statistik menggunakan SPSS 26.0. Pada Uji Hipotesis Rank Spearman memperlihatkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara employability dengan career adaptability (r_s=0.356;p<0.05). Artinya, semakin tinggi kecenderungan employability maka akan diikuti dengan kecenderungan career adaptability yang semakin tinggi. Sebaliknya, semakin rendah kecenderungan employability maka akan diikuti dengan kecenderungan career adaptability yang rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 03:17
Last Modified: 05 Feb 2024 03:17
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14761

Actions (login required)

View Item View Item