Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN PAPARAN VIDEO MUKBANG DAN ASUPAN MAKRONUTRIEN DENGAN PARAMETER OBESITAS PADA MAHASISWI FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS DIPONEGORO

KHAERUNISA, AULIA RATNA (2023) HUBUNGAN PAPARAN VIDEO MUKBANG DAN ASUPAN MAKRONUTRIEN DENGAN PARAMETER OBESITAS PADA MAHASISWI FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS DIPONEGORO. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO AULIA RATNA EDIT.pdf - Published Version

Download (496kB)

Abstract

Mukbang merupakan tayangan media sosial yang menampilkan food vlogger makan dalam porsi besar dan dapat mempengaruhi perilaku makan seseorang untuk makan secara berlebih. Perubahan perilaku makan merupakan faktor penyebab terjadinya berat badan berlebih. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan paparan video mukbang dan asupan makronutrien dengan parameter obesitas pada mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro. Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional, dilakukan di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro dengan 141 subjek yang dipilih secara clustered random sampling berdasarkan angkatan dan kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terstruktur menggunakan kuesioner dan pengukuran antropometri meliputi indeks massa tubuh menggunakan stadiometer dan timbangan, lingkar pinggang menggunakan metlin, dan persen lemak tubuh menggunakan innerscan. Analisis data menggunakan uji Fisher’s Exact, Rank Spearman, dan Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan paparan video mukbang dengan selera makan (p=0,002) dan porsi makan (p=0,001). Tidak ada hubungan selera dan porsi makan dengan asupan makronutrien. Ada hubungan positif antara pengetahuan gizi dengan kecukupan energi (p=0,023). Ada hubungan negatif antara kecukupan energi dengan IMT (p<0,001), lingkar pinggang (p=0,019), dan persen lemak tubuh (p<0,001). Ada hubungan negatif antara kecukupan protein dengan IMT (p<0,001), lingkar pinggang (p=0,016), dan persen lemak tubuh (p<0,001). Ada hubungan negatif antara aktivitas fisik dengan IMT (p<0,001), lingkar pinggang (p<0,001), dan persen lemak tubuh (p<0,001). Tidak ada hubungan antara paparan video mukbang dengan parameter obesitas. Disimpulkan bahwa tidak ada hubungan paparan video mukbang dengan parameter obesitas, dan ada hubungan negatif asupan energi dan protein dengan parameter obesitas.

Kata kunci : asupan makronutrien, mahasiswi, parameter obesitas, video mukbang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 13 Jul 2023 08:15
Last Modified: 13 Jul 2023 08:15
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14754

Actions (login required)

View Item View Item