Search for collections on Undip Repository

EVALUASI KINERJA PENGELOLAAN LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN (B3) DITINJAU DARI INDEKS PROPER DI RUMAH SAKIT NASIONAL DIPONEGORO SEMARANG

ARDHIANSYAH, DONY YANUAR (2023) EVALUASI KINERJA PENGELOLAAN LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN (B3) DITINJAU DARI INDEKS PROPER DI RUMAH SAKIT NASIONAL DIPONEGORO SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO DONY.pdf - Published Version

Download (184kB)

Abstract

Rumah Sakit Nasional Diponegoro merupakan rumah sakit dengan klasifikasi tipe C namun dari segi fasilitas dan kualitas tenaga medis menyerupai klasifikasi rumah sakit tipe B. Dari seluruh aktivitas tentunya terdapat limbah B3 yang bersumber dari beberapa ruangan beserta jenisnya yang beragam. Oleh karena itu perlu dilakukan pengelolaan dan penangan limbah B3 yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kinerja pengelolaan limbah B3 ditinjau dari PROPER. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan cross sectional serta pengumpulan data yang didapat berdasarkan observasi dan wawancara. Sampel menggunakan teknik purposive sampling yang diambil dari populasi unit sanitasi lingkungan rumah sakit sehingga menghasilkan beberapa informan berupa kepala sanitasi lingkungan, staf penanggung jawab sanitasi, pengawas housekeeping, dan housekeeping. Berdasarkan hasil penelitian, proses pemilahan, penyimpanan dan pengangkutan limbah B3 masih belum memenuhi persyaratan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Aspek PROPER rumah sakit masih terdapat warna merah dikarenakan pada aspek ketentuan teknis pada bagian izin TPS belum memenuhi persyaratan sesuai Permen LHK No 1 Tahun 2021 sehingga perlu diperbaiki lagi kedepannya. Ketaatan aspek pengelolaan limbah B3 pada PROPER sebesar 95.6%, nilai ini sudah cukup baik namun masih perlu ada perbaikan dan peningkatan agar kinerja pengelolaan limbah B3 menjadi baik.
Kata Kunci : Rumah sakit, limbah B3, PROPER

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 12 Jul 2023 05:02
Last Modified: 12 Jul 2023 05:05
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14710

Actions (login required)

View Item View Item