Search for collections on Undip Repository

PERILAKU RAMAH LINGKUNGAN OLAHRAGA BALAP MOBIL DUNIA: FÉDÉRATION INTERNATIONALE DE L'AUTOMOBILE (FIA) PURPOSEDRIVEN ENVIRONMENT

Hidayat, Aditya Maulana (2023) PERILAKU RAMAH LINGKUNGAN OLAHRAGA BALAP MOBIL DUNIA: FÉDÉRATION INTERNATIONALE DE L'AUTOMOBILE (FIA) PURPOSEDRIVEN ENVIRONMENT. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (346kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (606kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (249kB)

Abstract

Fédération Internationale de l'Automobile (FIA) yang mendorong perilaku berkelanjutan dan ramah lingkungan dalam operasional keorganisasian dan olahraga balap mobil menjadi latar belakang penelitian ini. Namun, terdapat beberapa pihak dalam lingkaran FIA mendorong mereka untuk menghentikan perilaku tersebut, karena kekhawatiran mereka atas kelangsungan tradisi dan kompetisi olahraga balap mobil di masa sekarang dan akan datang. Masalah yang muncul: Mengapa FIA tetap menerapkan program kebijakan berkelanjutan yang ramah lingkungan seperti PurposeDriven Environment meskipun mendapat pertentangan dari beberapa pihak?
Tujuan penelitian untuk menjelaskan perilaku FIA yang tetap menerapkan program kebijakan berkelanjutan yang ramah lingkungan seperti PurposeDriven Environment meskipun mendapat pertentangan dari beberapa pihak.
Untuk menjawab permasalahan dan tujuan penelitian dilakukan dengan teori perilaku dengan menggunakan konsep teori perilaku terencana dan teori hijau dengan menggunakan konsep ekosentrisme dengan menggunakan teknik analisis isi. Objek penelitian ini adalah FIA sebagai otoritas olahraga balap mobil dan aktoraktor lingkarannya.
Hasil penelitian menunjukan adanya intensi perilaku kuat yang terbentuk dari Attitude, Subjective Norm, dan Perceived Behavioral Control dari FIA yang tetap kukuh atas kebijakan keberlanjutan dan ramah lingkungan. Attitude berupa dampak positif terhadap upaya global melawan perubahan iklim dan dampak positif terhadap perkembangan teknologi di industri otomotif; Subjective Norm berupa tekanan dari IOC untuk mengadopsi kerangka kerja UNFCCC Sports for Climate Action dan tekanan dari para manufaktur kendaraan mobil terkait relevansi teknologi di kejuaraan balap mobil; Perceived behavioral control berupa adanya dukungan eksternal datang dari PBB dan IOC lewat kerangka kerja UNFCCC Sports for Climate Action dan adanya keyakinan atas pentingnya upaya melawan perubahan iklim terhadap keberlangsungan hidup dan kesejahteraan masyarakat umum.
Disarankan kepada Sports Governing Body (SGB) lainnya untuk mengadopsi perilaku berkelanjutan dan ramah lingkungan, serta mendorong upaya internalisasi perilaku tersebut. Kepada pihak perguruan tinggi dapat terus melanjutkan penelitian terkait dengan perilaku berkelanjutan dan ramah lingkungan dari SGB lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of International Relations
Depositing User: Fakultas ISIP
Date Deposited: 04 Aug 2023 08:48
Last Modified: 04 Aug 2023 08:48
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14603

Actions (login required)

View Item View Item