Search for collections on Undip Repository

PENGARUH DESTINATION IMAGE DAN PERCEIVED VALUE TERHADAP INTENTION TO REVISIT MELALUI MEMORABLETOURISM EXPERIENCE (MTE) (Studi pada Pengunjung Wisata Istano Basa Pagaruyung Tanah Datar, Sumatra Barat)

Yasril, Sherina Synthia (2023) PENGARUH DESTINATION IMAGE DAN PERCEIVED VALUE TERHADAP INTENTION TO REVISIT MELALUI MEMORABLETOURISM EXPERIENCE (MTE) (Studi pada Pengunjung Wisata Istano Basa Pagaruyung Tanah Datar, Sumatra Barat). Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (729kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (535kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (188kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (653kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (130kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Istano Basa Pagaruyung merupakan ikon wisata budaya Minangkabau yang ada di Sumatra Barat. Berdasarkan data jumlah pengunjung Istano Basa Pagaruyung diketahui terjadinya penurunan pengunjung pada tahun 2018 dan 2020. Sebagai tempat wisata tentunya Istano Basa Pagaruyung ingin membangun Destination Image yang baik, Perceived Value yang sesuai dengan harapan pengunjung, serta memberikan Memorable Tourism Experience yang berkesan untuk meningkatkan Intention to Revisit pengunjung ke tempat wisata.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Destination Image dan Perceived Value terhadap Intention to Revisit melalui Memorable Tourism Experience. Populasinya adalah pengunjung wisata Istano Basa Pagaruyung Tanah Datar, Sumatra Barat. Penelitian ini terdiri dari 4 variabel, 20 indikator dan 7 hipotesis. Sampel penelitian ini yaitu berjumlah 100 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling dan accidental sampling.
Tipe penelitian ini adalah Explanatory Research dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer berupa kuesioner dan data sekunder berupa studi pustaka. Teknik pengambilan data yang digunakan berupa kuesioner dan wawancara serta studi Pustaka. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana, analisis regresi linear berganda, analisis uji korelasi, analisis uji determinasi, uji t, uji F dan uji sobel.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Destination Image berpengaruh positif dan signifikan terhadap Memorable Tourism Experience, Perceived Value berpengaruh positif dan signifikan terhadap Memorable Tourism Experience, Memorable Tourism Experience berpengaruh positif dan signifikan terhadap Intention to Revisit, Destination Image berpengaruh positif dan signifikan terhadap Intention to Revisit dan Perceived Value berpengaruh positif dan signifikan terhadap Intention to Revisit. Hasil uji sobel menunjukan Memorable Tourism Experience mampu memediasi penuh antara Destination Image dan Intention to Revisit. Dan Memorable Tourism Experience mampu memediasi penuh antara Perceived Value dan Intention to Revisit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: Fakultas ISIP
Date Deposited: 07 Aug 2023 06:33
Last Modified: 07 Aug 2023 06:33
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14596

Actions (login required)

View Item View Item