Search for collections on Undip Repository

PERBEDAAN PENGARUH TERAPI SITOSTATIKA KOMBINASI FAC DENGAN FEC TERHADAP KADAR SITOKIN T-HELPER 1 (IL-2, TNF- DAN IFN-) PENDERITA KARSINOMA MAMMA

Hadi, Hadi and Tjahjono, Tjahjono and Dharmana, Edi (2004) PERBEDAAN PENGARUH TERAPI SITOSTATIKA KOMBINASI FAC DENGAN FEC TERHADAP KADAR SITOKIN T-HELPER 1 (IL-2, TNF- DAN IFN-) PENDERITA KARSINOMA MAMMA. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (COVER)
COVER-ABSTRAK.pdf

Download (256kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (26kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB III KERANGKA TEORI DAN KERANGKA KONSEP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB IV METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text (BAB 6)
BAB VI SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17kB)
[img] Text (DAPUS)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)

Abstract

Latar belakang : Karsinoma mamma merupakan jenis keganasan yang sering dijumpai pada wanita yang penatalaksanannya meliputi meliputi pembedahan, radioterapi, kemoterapi, terapi hormonal dan imunoterapi. Pemilihan jenis terapi dan prognosisnya dipengaruhi oleh umur, status menopause, stadium penyakit, jenis tumor dan gradasi histopathologi dan integrits system imum tubuh. Penelitian ini bertujuan membandingkan efek penekanan sistem imun seluler antara penderita karsinoma mamma yang diterapi dengan sitostatika kombinasi FAC (5-Fluorouracil, Adriamycine, Cyclophosphamide) dengan FEC (5-Fluorouracil, Epirubicine, Cyclophosphamide) dengan melihat perubahan parameter imunologis dari sel T- helper 1 yang memproduksi sitokin IL-2, TNF- dan IFN-.
Tujuan : Membuktikan adanya perbedaan efek penekanan sistem imun antara penderita karsinoma mamma yang diterapi dengan sitostatika kombinasi FAC dengan FEC dengan melihat perubahan parameter imunologis dari sel T Helper 1 yang memproduksi sitokin IL-2, TNF- dan IFN-.
Metodologi : Dari 31 pasien dengan diagnosis karsinoma mamma ductus infiltratif dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok I mendapat terapi sitostatika kombinasi FEC sebanyak 12 orang, Kelompok II mendapat terapi sitostatika kombinasi FAC sebanyak 19 orang. Kelompok kontrol adalah sukarelawan sehat sebanyak 15 orang. Sebelum terapi, dilakukan pengambilan sampel darah tepi untuk pemeriksaan kadar sitokin IL-2, TNF- dan IFN- pada ketiga kelompok. Selanjutnya kelompok I dan II mendapatkan terapi yang sesuai hingga 6 siklus. Pemeriksaan kadar sitokin dilakukan setelah 22 hari pemberian sitostatika. Kadar sitokin sebelum dan sesudah pemberian sitostatika diperbandingkan dan dibuat profil sitokin. Selisih kadar sitokin sebelum dan sesudah pemberian sitostatika kombinasi dianalisis dengan uji beda variasi ANKOVA dengan kadar sitokin pre sebagai kovarian.
Hasil : Tidak terdapat perbedaan bermakna penurunan kadar IL-2 penderita karsinoma mamma yang mendapat terapi sitostatika kombinasi antara FEC dengan FAC serial (p>0,05). Tidak terdapat perbedaan bermakna penurunan kadar TNF- penderita karsinoma mamma yang mendapat terapi sitostatika kombinasi antara FEC dengan FAC serial (p>0,05). Tidak terdapat perbedaan bermakna penurunan kadar IFN- penderita karsinoma mamma yang mendapat terapi sitostatika kombinasi antara FEC dengan FAC
serial (p>0,05).
Kesimpulan : Tidak terdapat perbedaan bermakna efek penekanan sistem imun seluler antara penderita karsinoma mamma yang mendapat terapi sitostatika kombinasi FEC dengan FAC berdasarkan penurunan kadar sitokin T helper 1 yang memproduksi IL-2, TNF- dan IFN-.
Kata kunci : Karsinoma mamma, FAC, FEC, Interleukin-2, Tumor Nekrosis Faktor-, Interferon-.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Karsinoma mamma, FAC, FEC, Interleukin-2, Tumor Nekrosis Faktor-, Interferon-.
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program in Biomedical Science
Depositing User: heni lutfiatun
Date Deposited: 06 Jul 2023 08:29
Last Modified: 06 Jul 2023 08:29
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14560

Actions (login required)

View Item View Item