Search for collections on Undip Repository

EFEKTIVITAS MODEL INTERVENSI KELOMPOK SWABANTU REDUKSI STRES BERBASIS KOMUNITAS TERHADAP STRES CAREGIVER ORANG DENGAN SKIZOFRENIA (ODS)

Rochmawati, Dwi Heppy and Susanto, Hardhono and Ediati, Annastasia (2023) EFEKTIVITAS MODEL INTERVENSI KELOMPOK SWABANTU REDUKSI STRES BERBASIS KOMUNITAS TERHADAP STRES CAREGIVER ORANG DENGAN SKIZOFRENIA (ODS). Doctoral thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Dwi Heppy Rochmawati-ABSTRAK-KTI)
ABSTRAK-KTI.pdf

Download (37kB)

Abstract

ABSTRAK

Efektivitas Model Intervensi Kelompok Swabantu Reduksi Stres Berbasis Komunitas terhadap Stres Caregiver Orang dengan Skizofrenia (ODS)

Latar belakang: Stres merupakan salah satu masalah psikologis yang ditemukan pada caregiver ODS. Masalah stres caregiver tersebut perlu ditangani agar tidak menimbulkan masalah kesehatan jiwa lebih lanjut yang membahayakan. Dibutuhkan model intervensi kelompok swabantu yang membantu caregiver mengelola stres caregiver yang dialaminya.
Tujuan penelitian: mengembangkan dan menguji efektivitas model intervensi kelompok swabantu reduksi stres berbasis komunitas terhadap stres caregiver ODS.
Metode: menggunakan rancangan research and development, yang terdiri dari 2 tahap. Tahap pertama penelitian kualitatif deskriptif untuk mengeksplorasi stressor, stres, upaya caregiver dan pelayanan kesehatan untuk mengelola stres caregiver ODS serta mengembangkan model intervensi kelompok swabantu reduksi stres berbasis komunitas. Tahap kedua penerapan model yang terbentuk dan menguji efektivitas model dengan menggunakan metode kuantitatif rancangan quasy experimental pada 80 responden (40 responden kelompok intervensi 1 dan 40 responden kelompok Intervensi 2) analisis menggunakan uji beda dan multivariat. Variabel bebas penelitian tahap kedua adalah tindakan edukasi merawat ODS, tindakan keperawatan stres individu dan tindakan keperawatan stres kelompok (swabantu reduksi stres) pada caregiver; dan dampaknya variabel terikat adalah pada tingkat stres dan kadar kortisol.
Hasil: sebagian besar caregiver ODS mengalami stres (95%), terbentuk model intervensi kelompok swabantu. Kemampuan caregiver dalam merawat ODS meningkat secara bermakna menjadi 79,40%; mengelola stres caregiver meningkat secara bermakna menjadi 72,50%; tingkat stres menurun secara bermakna menjadi 10,55%; dan kadar kortisol menurun secara bermakna sebesar 7,88.
Kesimpulan: model intervensi kelompok swabantu reduksi stres efektif meningkatkan kemampuan caregiver merawat ODS, mengelola stres caregiver, menurunkan tingkat stres dengan p-value 0,000 dan menurunkan kadar kortisol.

Kata Kunci : kelompok swabantu reduksi stres, research and development, caregiver.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : kelompok swabantu reduksi stres, research and development, caregiver.
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Doctor Program in Biomedical Science
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 07 Jul 2023 02:54
Last Modified: 07 Jul 2023 02:54
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14553

Actions (login required)

View Item View Item