Search for collections on Undip Repository

PENGARUH MOTIVASI KONSUMEN DAN PERSEPSI KETERTARIKAN KONTEN PADA TINGKAT KETERIKATAN KONSUMEN DENGAN MEREK DI INSTAGRAM @Lifebuoy.id

Pramana, Dwiki Ryan (2023) PENGARUH MOTIVASI KONSUMEN DAN PERSEPSI KETERTARIKAN KONTEN PADA TINGKAT KETERIKATAN KONSUMEN DENGAN MEREK DI INSTAGRAM @Lifebuoy.id. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (474kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (587kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (498kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] Text
BAB 5.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (241kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (994kB)

Abstract

Keterikatan konsumen dengan merek di media sosial merupakan hal yang penting untuk menjaga consumer relationship management baik antara konsumen dengan merek. Lifebuoy adalah salah satu merek yang melakukan berbagai strategi untuk meningkatkan keterikatan konsumen di media sosial. Namun data yang diperoleh dari engagement rate instagram @lifebuoy.id terhitung paling rendah dibandingkan dengan merek sabun kompetitornya, yaitu hanya diangka 0,31%. Keterikatan konsumen di media sosial dipengaruhi oleh motivasi konsumen. Keterikatan konsumen juga bisa dibentuk oleh persepsi konsumen tentang seberapa menarik konten yang dipublikasi di media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah tingkat motivasi konsumen dan persepsi ketertarikan konten berpengaruh pada tingkat keterikatan konsumen dengan merek di Instagram @lifebuoy.id. Penelitian ini menggunakan teori self-determination untuk menguji variabel motivasi konsumen dengan tingkat keterikatan konsumen dengan merek. Sedangkan teori involvement menguji variabel persepsi ketertarikan konten dengan variabel tingkat keterikatan konsumen dengan merek. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sample non-probability dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh antara Motivasi Konsumen terhadap Tingkat Keterikatan Konsumen, dan ada pengaruh antara Persepsi Ketertarikan Konten terhadap Tingkat Keterikatan Konsumen. Berdasarkan hasil penelitian, Lifebuoy Indonesia dapat melihat faktor-faktor yang dapat mendorong motivasi konsumen dari rasa ketertarikan audiens yang berbeda-beda dan meningkatkan persepsi konsumen pada produk itu sendiri dengan mencari informasi terus menerus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: Fakultas ISIP
Date Deposited: 07 Jul 2023 02:21
Last Modified: 07 Jul 2023 02:21
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14535

Actions (login required)

View Item View Item