Santoso, Novia Budi (2022) PENGARUH WEBSITE QUALITY, CUSTOMER SATISFACTION DAN CUSTOMER TRUST TERHADAP REPURCHASE INTENTION PADA PENGGUNA PINJAMAN ONLINE DI KOTA TEGAL. Masters thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK.
Text
SAMPUL.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf - Submitted Version Download (688kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Submitted Version Download (158kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (518kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
|
Text
BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (183kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (747kB) |
Abstract
Pinjaman online masih menjadi hal yang baru di masyarakat Indonesia namun
pinjaman online terus mengalami pertumbuhan yang signifikan. Dengan kehadiran
pinjaman online ini, masyarakat merasa terbantu namun juga ternyata banyak
masalah yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh website
quality dan customer satisfaction terhadap repurchase intention secara langsung
ataupun melalui customer trust. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan metode penelitian eksplanasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan
pada penelitian ini menggunakan kuesioner dengan lima pilihan jawaban. Metode
analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah Structural Equational Model
(SEM) dengan alat statistik SMART PLS 3.3.3. Hasil penelitian ini menemukan
bahwa website quality tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap
repurchase intention. Customer satisfaction dan customer trust memiliki pengaruh
yang signifikan terhadap repurchase intention. Customer satisfaction dan website
quality memiliki pengaruh yang signifikan terhadap customer trust. Website quality
memiliki pengaruh yang signifikan terhadap customer satisfaction. Customer
satisfaction mampu memediasi pengaruh website quality terhadap repurchase
intention secara positif dan signifikan. Penelitian ini melanjutkan
pengimplementasian TPB (Theory of Planned Behavior) dalam upaya menganalisis
faktor-faktor yang mempengaruhi minat penggunaan kembali pinjaman online di
Kota Tegal. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi bagi platform
perusahaan penyedia pinjaman online dapat mengidentifikasi faktor-faktor apa saja
yang dapat mempengaruhi repurchase intention pada aplikasi pinjaman online
sehingga dapat memberikan kontribusi kepada perusahaan dalam perkembangan
teknologi keuangan di Indonesia khususnya dalam penggunaan layanan pinjaman
online. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menggunakan pendekatan
kualitatif untuk mengetahui penilaian secara lebih mendalam terkait variabel
penelitian dan pola pengaruh dari setiap variabel penelitian. Selain itu, penelitian
selanjutnya juga disarankan untuk dilaksanakan di berbagai kota lainnya dengan
karakteristik demografi penduduk yang berbeda.
Kata Kunci: Website Quality, Customer Satisfaction, Customer Trust, Repurchase
Intention
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Master Program in Business Administration |
Depositing User: | Rusmanto MABIS |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 02:32 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 02:33 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14514 |
Actions (login required)
View Item |