Search for collections on Undip Repository

PRODUKSI MEDIA PUBLIC RELATIONS KPU JATENG MELALUI IKLAN LAYANAN MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI PEMILIH PEMULA DAN PEMILIH PEMUDA PADA PEMILU 2024

KURNIAWAN, MARIO IKHLAS (2023) PRODUKSI MEDIA PUBLIC RELATIONS KPU JATENG MELALUI IKLAN LAYANAN MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI PEMILIH PEMULA DAN PEMILIH PEMUDA PADA PEMILU 2024. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
INHUM_S_Mario Ikhlas Kurniawan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK_Mario Ikhlas Kurniawan.pdf - Published Version

Download (44kB)

Abstract

Saat ini indonesia telah memasuki era digital, dimana perkembangan digitalisasi di indonesia
berkembang sangat pesat berdasarkan kebutuhan masyarakat. Kehadiran digitalisasi 4.0
perkembangan informasi tidak terlepas dari perkembangan teknologi dan internet.
penyampaian informasi dapat melalui berbagai cara, salah satunya yaitu iklan Iklan layanan
masyarakat menyajikan pesan pesan yang dapat berisi himbauan atau pesan-pesan terhadap
sejumlah masalah yang akan mereka hadapi. Melalui audio visual membuat iklan layanan
masyarakat dapat lebih menarik perhatian masyarakat, mempermudah pemerintah dalam
penyebaran informasi, Berkaitan dengan peningkatan partisipasi politik,
Provinsi Jawa Tengah menduduki peringkat ke-2 setelah Provinsi Jawa Barat. Hal tersebut
dapat dinilai belum memberikan dampak yang signifikan untuk menekan angka Golongan
Putih (Golput) dari edukasi yang diberikan setiap periode keberjalanan pemilu. partisipasi hak
suara yang di kategorikan sesuai umur yang akan di teliti, yaitu pemilih pemula dan pemilih
pemuda. Hal tersebut karena masih banyak pemilih pemula dan pemilih pemuda yang kurang
minat terhadap informasi terkait pemilu.masalah yang ditemukan yaitu masih tingginya angka
golput di Provinsi Jawa Tengah. Hal tersebut membuktikan edukasi ataupun informasi yang
diberikan masih kurang signifikan.
Hal ini tentu menjadi salah satu alasan yang menyebabkan tingginya angka golput khususnya
pemilih pemula dan pemilih pemuda Produksi Media Public Relations dalam upaya
meningkatkan partisipasi pemilih pemula dan pemilih pemuda pada pemilu 2024 melalui iklan
layanan masyarakat. selain itu memberikan informasi dan edukasi kepada pemilih pemula dan
pemilih pemuda terhadap efek 5 tahun kedepan dari keberjalanan pemilu 2024
Kata Kunci : Iklan Layanan Masyarakat, Hak suara Pemilih Pemula dan Pemilih Pemuda,
Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Tengah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Iklan Layanan Masyarakat, Hak suara Pemilih Pemula dan Pemilih Pemuda, Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Tengah
Subjects: Humanities
Divisions: School of Vocation > Diploma in Public Relations
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 11 Aug 2023 04:54
Last Modified: 18 Sep 2023 03:53
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14495

Actions (login required)

View Item View Item