Search for collections on Undip Repository

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENANAMAN MODAL KABUPATEN PURBALINGGA DALAM UPAYA PENINGKATAN REALISASI INVESTASI MASA PANDEMI 2020-2021

Erlita, Septi (2023) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENANAMAN MODAL KABUPATEN PURBALINGGA DALAM UPAYA PENINGKATAN REALISASI INVESTASI MASA PANDEMI 2020-2021. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (487kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (327kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (221kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (510kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (107kB)

Abstract

Pada tahun 2020 kabupaten Purbalingga mengalami penurunan pertumbuhan ekonomi hingga minus 1,23% akibat pandemi covid-19. Meskipun demikian, realisasi investasi mengalami tren positif menjadikan sektor investasi bidang industri pengolahan di Purbalingga menyumbang 27,59% dari total PDRB. Hal tersebut melatar belakangi peneliti untuk meneliti lebih lanjut mengenai langkah penyesuaian yang memengaruhi keberhasilan implementasi kebijakan penanaman modal Kabupaten Purbalingga dimasa pandemi covid-19.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data yaitu wawancara, studi pustaka, dokumentasi dan observasi. Teknik wawancara dilakukan kepada pihak-pihak terkait. Proses studi pustaka, dokumentasi, dan observasi dilakukan saat Kuliah Kerja Praktek di lingkungan Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kab. Purbalingga. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis impelementasi kebijakan penanaman modal di DPMPTSP Kabupaten Purbalingga dalam upaya meningkatkan realisasi investasi dimasa pandemi Covid-19 tahun 2020-2021

Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa Kebijakan penanaman modal DPMPTSP dimasa pandemi 2020-2021 tidak terlepas dari UU Cipta Kerja dan penyesuaian yang ada mengubah dasar peraturan, arah kebijakan, bahkan program kegiatan. Implementasi kebijakan didasarkan pada teori implementasi kebijakan Edward III dengan variabel Komunikasi, Sumberdaya, Disposisi, dan Struktur birokrasi yang telah dilaksanakan dengan baik, hasilnya realisasi investasi baru tahun 2020 melampaui target yang ditentukan yaitu dapat terealisasi 113,17% sebesar Rp. 758 Milyar dari target Rp. 670 Milyar. Indikator kinerja utama PMA dan PMDN yang beroperasi dapat terealisasi sejumlah 2.794 unit dari target 752 unit atau terealisasi 371,54%.

Implementasi kebijakan yang tepat sejalan dengan keberhasilan realisasi investasi Kabupaten Purbalingga terus meningkat, dengan adanya faktor pendukung keberhasilannya yaitu Keberhasilan mengundang investor, Inovasi teknologi, dan iklim investasi yang kondusif. Peneliti ingin merekomendasikan pada penelitian selanjutnya agar meneliti lebih mendalam mengenai faktor-faktor yang memengaruhi iklim investasi di Kabupaten Purbalingga sehingga nilai realisasi tiap tahunnya mengalami kenaikan yang tidak dibahas secara mendetail di Penelitian ini.

Kata kunci : Implementasi kebijakan, Realisasi Investasi, Penanaman modal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 05 Jul 2023 08:05
Last Modified: 05 Jul 2023 08:05
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14490

Actions (login required)

View Item View Item