Search for collections on Undip Repository

PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG (STUDI PADA PENGUNJUNG DESA WISATA SEPAKUNG BANYUBIRU, JAWA TENGAH)

Aditya, Benedicktus Dhimas (2023) PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG (STUDI PADA PENGUNJUNG DESA WISATA SEPAKUNG BANYUBIRU, JAWA TENGAH). Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (500kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (609kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (210kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (134kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan industri pariwisata di sejumlah daerah semakin meningkat, khususnya di Provinsi Jawa Tengah. Desa Wisata Sepakung, Banyubiru merupakan salah satu obyek wisata yang memiliki potensi wisata cukup tinggi yang menawarkan keindahan alamnya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidaksesuaian angka kunjungan dengan yang diharapkan oleh pihak Desa Wisata Sepakung Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara digital marketing dan electronic word of mouth terhadap Keputusan Berkunjung pada Desa Wisata Sepakung Banyubiru. Populasinya adalah seluruh pengunjung Desa Wisata Sepakung, sedangkan sampelnya adalah 100 pengguna Desa Wisata Sepakung dengan menggunakan teknik pengampilan sampel nonprobability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Tipe penelitian ini adalah explanatory research. Skala pengukuran menggunakan skala Likert. Analisis data menggunakan uji regresi, uji korelasi, uji determinasi, uji signifikansi, dan analisis jalur dengan program SPSS versi 26.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital marketing berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung, electronic word of mouth berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung. Digital marketing dan electronic word of mouth berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Berkunjung. Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan apabila semakin baik digital marketing dan electronic word of mouth maka akan semakin meningkatkan Keputusan Berkunjung pada Desa Wisata Sepakung, Banyubiru. Adapun rekomendasi yang dapat diberikan untuk Desa Wisata Sepakung dari penelitian ini yaitu untuk dapat lebih mengembangkan sosial media sarana yang paling efektif untuk media pemasaran Desa Wisata ini, terutama terkait kemudahan untuk mengakses dari banyaknya akun sosial media serupa yang ada di internet. Selain itu Desa Wisata Sepakung juga dapat lebih meningkatkan fasilitas penunjang dari wahana atau obyek wisata yang ada supaya dapat lebih meningkatkan ulasan positif dalam forum online, sehingga wisatawan dapat lebih mengetahui kelebihan dari Desa Wisata Sepakung melalui forum online yang ada di internet. Desa Wisata Sepakung juga dapat mengadakan berbagai event untuk semakin menarik minat wisatawan, sehingga wisatawan lebih merasa kebutuhan yang diinginkan dapat semakin terpenuhi, misal event budaya yang dipadukan dengan sosial yang dapat semakin menarik minat pengunjung untuk berkunjung ke Desa Wisata Sepakung.


Kata Kunci : Digital Marketing, Electronic Word of Mouth, Keputusan Berkunjung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: Fakultas ISIP
Date Deposited: 05 Jul 2023 06:42
Last Modified: 05 Jul 2023 06:42
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14470

Actions (login required)

View Item View Item