Elanti, Kania Arda Prasida (2023) Hubungan Terpaan Postingan Review Micro Beauty Influencer di Instagram dan Tingkat Pendapatan dengan Minat Membeli Produk Kosmetik Martha Tilaar. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK.
Text
Cover.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf - Submitted Version Download (732kB) |
|
Text
BAB 2.pdf - Submitted Version Download (186kB) |
|
Text
BAB 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (410kB) |
|
Text
BAB 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (263kB) |
|
Text
BAB 5.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (142kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (673kB) |
Abstract
Martha Tilaar sebagai salah satu produk kecantikan lokal di Indonesia, terus berupaya untuk menjaga eksistensinya. Pembelian konsumen akan suatu produk, berhubungan dengan berbagai faktor baik dari internal maupun eksternal. Pada
2021-2022, Martha Tilaar mengalami penurunan penjualan yang signifikan untuk kategori produk kosmetik. Salah satu upaya yang dilakukan untuk menangani permasalahan tersebut yaitu Martha Tilaar telah memanfaatkan media sosial melalui kerja sama dengan micro beauty influencer di Instagram, yang dianggap
sebagai Key Opinion Leader karena memiliki hubungan keeratan yang tinggi dengan para pengikutnya. Penelitian ini dikaji menggunakan Teori Elaboration Likelihood Model yang menjelaskan bagaimana rute yang akan diambil audiens
dalam memproses informasi, dan Teori Kategori Sosial yang menjelaskan bahwa kategorirespons ditampilkan oleh golongan yang salah satunya adalah tingkat pendapatan. Metode yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan
eksplanatori, dengan jumlah sampel sebanyak 50 responden. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan terpaan postingan review micro beauty influencer di instagram dan tingkat pendapatan dengan minat membeli produk
kosmetik Martha Tilaar. Pengujian dilakukan menggunakan analisis Kendall Tau-B dan hasil uji hipotesis menunjukkan signifikansi untuk variabel terpaan postingan review micro beauty
influencer di Instagram (X1) dengan minat membeli (Y) yang memiliki tingkat korelasi kuat, serta signifikansi untuk variabel tingkat pendapatan (X2) dengan minat membeli (Y) yang memiliki tingkat korelasi sedang. Oleh karena itu, teori yang digunakan sudah sesuai dan hipotesis dapat diterima.
Kata kunci : terpaan review, micro beauty influencer, pendapatan, minat membeli,
Martha Tilaar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication |
Depositing User: | Fakultas ISIP |
Date Deposited: | 07 Jul 2023 03:18 |
Last Modified: | 07 Jul 2023 03:18 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14454 |
Actions (login required)
View Item |