Search for collections on Undip Repository

Hubungan Intensitas Menonton Konten Youtube Gaming Windah Basudara dan Pengawasan Orang Tua Terhadap Perilaku Agresif Verbal Pada Remaja

Rasya, Enya (2023) Hubungan Intensitas Menonton Konten Youtube Gaming Windah Basudara dan Pengawasan Orang Tua Terhadap Perilaku Agresif Verbal Pada Remaja. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (222kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB II .pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (706kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (171kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)

Abstract

Media memiliki pengaruh yang cukup besar dalam perilaku agresif pada remaja. Media sosial (paparan program televisi kekerasan, menonton film kekerasan, video/video game serta menilai berbagai situs sosial) memiliki dampak yang sangat negatif pada remaja karena mempromosikan perilaku agresif di antara mereka. Orang tua memiliki peran untuk melindungi anak-anaknya dari pengaruh negatif yang dapat diakses secara bebas melalui internet. Berdasarkan riset yang dilakukan KOMINFO dan UNICEF menemukan masih banyak anak-anak yang tidak terlindungi dari konten negatif yang terdapat di internet, dan orang tua harus lebih mengawasi kegiatan yang dilakukan anak mereka di internet, termasuk mengakses YouTube dan konten yang mereka tonton di YouTube. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui seberapa besar intensitas menonton konten Youtube Windah Basudara memiliki penagruh serta pengawasan yang dilakukan orang tua memiliki hubungan dengan perilaku agresif secara verbal. Teori yang digunakan yaitu parental mediation dan General Aggression Model (GAM). Penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dengan jenis purposive sampling. Jumlah sampel penelitian adalah sebanyak 79 responden dengan kriteria berusia 12 – 19 tahun, merupakan penonton dan subscriber konten kreator Windah Basudara serta mengikuti konten-konten dari Windah Basudara.
Hasil penelitian menunjukkan hubungan intensitas menonton konten youtube gaming Windah Basudara dengan perilaku agresif verbal memiliki nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang menandakan bahwa terjadi hubungan yang signifikan antara intensitas menonton konten youtube gaming Windah Basudara dengan perilaku agresif verbal. Hal ini menunjukkan GAM berlaku dalam penelitian ini. Kemudian untuk pengawasan orang tua dengan perilaku agresif verbal nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang menandakan bahwa terjadi hubungan yang signifikan antara pengawasan orangtua terhadap responden saat mengakses internet atau menonton youtube dengan perilaku agresif verbal. Parental mediation berlaku dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Pengawasan Orang Tua, Intensitas Menonton, Agresif Verbal pada Remaja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: Fakultas ISIP
Date Deposited: 07 Jul 2023 03:33
Last Modified: 07 Jul 2023 03:33
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14425

Actions (login required)

View Item View Item