Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN LAMA MENDERITA DIABETES DAN KADAR HbA1c DENGAN DERAJAT KEKAKUAN HEPAR PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE 2: STUDI MENGGUNAKAN ULTRASOUND ELASTOGRAPHY

Amna, Faza Khilwan and Widyasari, Maya Nuriya and Purnomo, Hery Djagat and Wahyuni, Frederica Mardiana and Satoto, Bambang and Sukmaningtyas, Hermina (2023) HUBUNGAN LAMA MENDERITA DIABETES DAN KADAR HbA1c DENGAN DERAJAT KEKAKUAN HEPAR PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE 2: STUDI MENGGUNAKAN ULTRASOUND ELASTOGRAPHY. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (FAZA KHILWAN AMNA - 22040919320013 - TESIS - ABSTRAK)
FAZA KHILWAN AMNA - 22040919320013 - TESIS - ABSTRAK.pdf

Download (9kB)

Abstract

Latar Belakang : Diabetes mellitus (DM) adalah salah satu masalah utama yang dihadapi sistem kesehatan. Diabetes adalah gangguan metabolisme multifaktorial, kronis dan progresif yang ditandai dengan hiperglikemia kronis. Hiperglikemia persisten dikaitkan dengan kerusakan jangka panjang pada organ hepar. Ultrasound elastography adalah modalitas pencitraan yang dapat menilai kekakuan hepar serta dapat membantu klinisi dalam menentukan terapi, mengevaluasi, dan memprediksi progresivitas penyakit.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara derajat kekakuan hepar menggunakan ultrasound elastography dengan lama menderita diabetes mellitus tipe 2 dan kadar HbA1c.
Metode: Penelitian ini merupakan analitik observasional dengan pendekatan cross-sectional. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2021 hingga September 2022 di instalasi radiologi RSUP dr.Kariadi Semarang, kemudian didapatkan 50 subyek penelitian yang memenuhi kriteria inklusi. Uji korelasi rank-spearman digunakan untuk menilai adanya hubungan derajat kekakuan hepar dengan lama menderita DM tipe 2 dan kadar HbA1c.
Hasil: Nilai rata-rata kekakuan hepar yang dinilai menggunakan ultrasound elastography yaitu 7,92 + 6,72 kPa. Nilai rata-rata kadar HbA1c yaitu 8,55 + 2,63 %. Nilai rata-rata lama menderita DM tipe 2 yaitu 9,10 + 6,50 tahun. Hasil uji rank-spearman menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara kadar HbA1c dengan derajat kekakuan hepar (p = 0,000) dengan nilai koefisien korelasi (r) yaitu 0,68 .Hasil uji rank-spearman menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan antara lama menderita DM tipe 2 dan derajat kekakuan hepar (p = 0,052).
Simpulan: Terdapat hubungan antara kekakuan hepar dengan kadar HbA1c dan tidak terdapat hubungan antara kekakuan hepar dengan lama menderita DM tipe 2

Kata kunci: Diabetes Mellitus Tipe 2, Lama menderita diabetes, Kadar HbA1c, Ultrasound elastography, Kekakuan Hepar

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Diabetes Mellitus Tipe 2, Lama menderita diabetes, Kadar HbA1c, Ultrasound elastography, Kekakuan Hepar
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 05 Jul 2023 03:29
Last Modified: 05 Jul 2023 03:29
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14405

Actions (login required)

View Item View Item