Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN SKOR BRIXIA DENGAN DERAJAT ACUTE RESPIRATORY DISTRESS SYNDROME PASIEN COVID 19

Ibrahim, Irni Dwi Aprianty and Satoto, Bambang and Handoyo, Thomas and Santoso, Antonius Gunawan and Sukmaningtyas, Hermina and Ningrum, Farah Hendara (2023) HUBUNGAN SKOR BRIXIA DENGAN DERAJAT ACUTE RESPIRATORY DISTRESS SYNDROME PASIEN COVID 19. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Irni Dwi Aprianty Ibrahim-ABSTRAK-TESIS)
ABSTRAK-TESIS.pdf

Download (117kB)

Abstract

LATAR BELAKANG : Kejadian kematian pada COVID-19 terjadi utamanya karena Acute Respiratory Distress Syndrome (ARDS). ARDS diklasifikasikan menjadi derajat ringan, sedang, dan berat, dengan manajemen dan prognosis tiap derajat berbeda. Penelitian ini menggunakan penilaian Skor Brixia untuk menilai derajat lesi paru dan menggambarkan hubungan antara Skor Brixia dengan derajat ARDS pada pasien dengan COVID-19.
TUJUAN : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa hubungan Skor Brixia dengan derajat ARDS pada pasien COVID-19.
METODE : Penelitian menggunakan metode analitik observasional dengan pendekatan cross sectional terhadap 95 subyek penelitian yang dinyatakan positif COVID-19, dirawat selama bulan Januari hingga Desember 2021 dan didiagnosa ARDS. Dilakukan pengumpulan data Skor Brixia berdasarkan ekspertise rontgen thoraks, data diagnosa dan derajat ARDS berdasarkan rekam medis dan hasil analisis gas darah. Analisis hubungan antara Skor Brixia dengan derajat ARDS dilakukan dengan uji beda Kruskal-Wallis.
HASIL : Hasil uji Kruskal-Wallis menunjukkan ada perbedaan yang bermakna dari Skor Brixia berdasarkan derajat ARDS (nilai p < 0,05). Skor Brixia tertinggi didapatkan pada ARDS derajat berat, sedangkan Skor Brixia rendah didapatkan pada ARDS derajat ringan. Hal ini membuktikan bahwa ada hubungan antara Skor Brixia dengan derajat ARDS.
KESIMPULAN : Skor Brixia foto thoraks memiliki hubungan signifikan dengan derajat ARDS pasien COVID-19.
Kata kunci: COVID-19, Skor Brixia, ARDS, derajat ARDS

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: COVID-19, Skor Brixia, ARDS, derajat ARDS
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 04 Jul 2023 08:29
Last Modified: 05 Jul 2023 03:37
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14383

Actions (login required)

View Item View Item