Nadhani, Gita Reza (2023) HUBUNGAN TERPAAN INFORMASI PRODUK DAN TERPAAN PROMOSI PENJUALAN DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KEMBALI FASHION DI TOKOPEDIA. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.
![]() |
Text
COVER.pdf - Submitted Version Download (716kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Submitted Version Download (990kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (243kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (212kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (440kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Abstrak
Tren terbaru di Tokopedia menunjukkan bahwa fashion menjadi salah satu kategori yang paling banyak dicari dan dibeli oleh konsumen di Tokopedia. Sehingga Tokopedia secara aktif melakukan strategi social media marketing di instagram dengan membuat konten yang berisi mengenai informasi produk dan promosi penjualan. Sayangnya pada kuartal 1 2023 Tokopedia mengalami penurunan jumlah pengunjung yang sangat signifikan dibanding kuartal 2 tahun 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara terpaan informasi produk dan terpaan promosi penjualan dengan keputusan pembelian kembali fashion di Tokopedia. Penelitian ini menguji teori proses kognitif dan teori behavioral learning. Penelitian ini menguji hipotesa yang diberikan dari teori proses kognitif dan teori behavioral learning pada 100 responden yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan Kendall Tau-b.
Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara terpaan informasi produk (X1) dan terpaan promosi penjualan (X2) dengan keputusan pembelian kembali (Y) fashion di Tokopedia. Dengan koefisien korelasi hubungannya yang cenderung lemah. Hasil temuan penelitian secara deskriptif menerangkan bahwa tingkat kesengajaan konsumen dalam mencari informasi produk dan promosi penjualan di instagram @tokopedia cukup tinggi. Konsumen juga merasakan kebermanfaatan yang tinggi dari informasi produk yang diunggah dan promosi penjualan yang diberikan. Sayangnya tingkat keterlibatan konsumen dalam berinteraksi pada konten yang diunggah masih rendah, konsumen cenderung hanya memberikan like dan jarang melakukan save, comment dan share. Sehingga berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar Tokopedia dapat menggunakan strategi social media marketing yang memiliki tingkat koefisien korelasi yang lebih tinggi. Apabila Tokopedia tetap menggunakan strategi ini diharapkan dapat meningkatkan frekuensi unggahan konten yang dapat meningkatkan interaksi dengan konsumen.
Kata kunci : terpaan informasi produk, promosi penjualan, keputusan pembelian kembali, fashion, e-marketplace
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication |
Depositing User: | Fakultas ISIP |
Date Deposited: | 04 Jul 2023 08:31 |
Last Modified: | 04 Jul 2023 08:31 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14378 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |