Search for collections on Undip Repository

Analisis Kritis Partisipasi Masyarakat Desa dalam Pembangunan: Studi Kasus Desa Karangrejo Kecamatan Borobudur

Tricahyo, Farhan Riski (2023) Analisis Kritis Partisipasi Masyarakat Desa dalam Pembangunan: Studi Kasus Desa Karangrejo Kecamatan Borobudur. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER (2).pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (573kB)
[img] Text
BAB I (2).pdf - Submitted Version

Download (375kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Draft Version

Download (517kB)
[img] Text
BAB III (2).pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (924kB)
[img] Text
BAB IV (3).pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (2).pdf - Submitted Version

Download (311kB)
[img] Text
LAMPIRAN (1).pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Partisipasi masyarakat merupakan komponen kunci dan indikator keberhasilan kebijakan. Keterlibatan masyarakat dalam suatu program sebagai keharusan yang diawali dengan sebuah proses perencanaan hingga pelaksanaan di lapangan. Berbagai permasalahan partisipasi masyarakat sering ditemui pada saat proses sedang berjalan. Dengan demikian penelitian ini membahas dinamika partisipasi masyarakat dalam pembangunan di Desa Wisata Karangrejo. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis menjelaskan dinamika partisipasi masyarakat masyarakat dalam pembangunan di Desa Wisata Karangrejo. Indikator permasalahan partisipasi masyarakat seperti groupthink dan free rider.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara terstruktur dan teknik dokumentasi. Sebagai data pendukung, dalam penelitian ini menggunakan studi literatur. Adapun analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Terdapat hasil bahwa partisipasi masyarakat dalam pembangunan di Desa Wisata Karangrejo cukup baik. Hal tersebut ditunjukkan masyarakat mengikuti pertemuan yang dilakukan oleh desa serta kendala yang menjadi hambatan dalam perencanaan dan pelaksanaan beberapa program pelatihan maupun pembangunan desa. Dalam permasalahan groupthink sudah dilakukan dengan melibatkan masyarakat serta bekerjasama dengan masyarakat dalam pengambilan keputusan. Selain itu, free rider tidak terdapat adanya masalah tersebut yang terjadi dalam partisipasi maasyarakat.
Penelitian ini kepala desa dan jajarannya saling menjalan hubungan baik dengan tokoh masyarakat dan masyarakat sekitarnya. Selain itu, masyarakat tetap menjaga kekompakan partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa yang telah mereka lakukan untuk memajukan desanya. Terakhir, selalu hindari dengan adanta fenomena penunggang gratis atau free rider karena fenomena tersebut adalah hal negatif yang tidak boleh dilakukan oleh siapapun apalagi di partisipasi masyarakat dalam pembangunan Desa Wisata Karangrejo.
Kata Kunci : Partisipasi Masyarakat, Groupthink, Free Rider

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: Fakultas ISIP
Date Deposited: 04 Aug 2023 07:10
Last Modified: 04 Aug 2023 07:10
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14335

Actions (login required)

View Item View Item